Analisis Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Jumlah Tamu Hotel Askhaya Karawang

Sundawan, Marginata and Andira Dwi Wiranugraha, SM., MBA (2023) Analisis Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Jumlah Tamu Hotel Askhaya Karawang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hotel merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan suatu produk dan jasa. Produk dan jasa yang dijual merupakan sebuah tugas dari pihak hotel kepada konsumen. Target promosi yang dilakukan oleh sales marketing Askhaya hotel Karawang adalah universitas, lembaga, dan kantor-kantor yang berlokasi di Karawang, sehingga hotel askhaya Karawang sering dijadikan tempat pelaksanaan event- event yang dibuat oleh lembaga maupun orang kantoran. Tujuan pemasaran hotel adalah untuk memperbanyak konsumen yang menggunakan produk dan jasa hotel dan mengubah sumber daya menjadi produk yang dapat memenuhi kebutuhan tamu. Dengan menggunakan Teori soemanegara dengan lima model komunikasi yaitu iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, Penjualan perorangan, penjualan langsung. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif serta analisis deskriptif. Analisis deskriptif kualitatif merupakan sebuah teknik yang memberikan makna kepada data-data yang telah diakumulasikan serta menambahkan perhatian. Dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaranya Hotel Askhaya Karawang memiliki beberapa teknik penjualan dan dalam berbagai macam usaha. Hotel Askhaya Karawang akan terus meningkatkan citra baiknya dengan mengadakan event-event sosial lalu pihak Hotel Askhaya juga Memberikan promosi yang menarik. Hotel Askahaya Karawang dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaranya terdapat indikator iklan, promosi penjualan, penjualan langsung, hubungan masyarakat, penjualan perorangan, hal ini seperti yang telah disampaikan oleh informan dari Hotel Askahaya Karawang. Hotel Askhaya Karawang akan selalu menciptakan strategi dan selalu mengevaluasi kekurangan untuk tercapainya tujuan.

English Abstract

Hotel is a company that provides a product and service. The products and services sold are the duty of the hotel to consumers. The promotion targets carried out by the Askhaya hotel Karawang sales marketing are universities, institutions and offices located in Karawang, so that the Askhaya Karawang hotel is often used as a venue for holding events made by institutions and office people. The goal of hotel marketing is to increase the number of consumers who use hotel products and services and convert resources into products that can meet guest needs. If guest needs are met, hotel sales can increase. This study uses qualitative research. There are five models of marketing communication strategies, namely advertising, sales promotion, public relations, individual selling, and direct marketing. It can be seen that there were obstacles that were passed by the Askhaya Hotel, namely several competitors and the existence of sales price tactics that led to trade competition. As well as the success of the Askhaya Karawang Hotel in carrying out its Marketing Communication Strategy. Hotel Askhaya Karawang will continue to improve its good image by holding social events and Hotel Askhaya will also provide attractive promotions. Askahaya Hotel Karawang in carrying out its marketing communication strategy there are indicators of advertising, sales promotion, direct selling, public relations, individual selling, this is as stated by informants from Hotel Askhaya Karawang. Hotel Askhaya Karawang will always create strategies andalways evaluate deficiencies to achieve goals.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170489
Uncontrolled Keywords: Strategy, Marketing Communication, and Guest Visit
Divisions: Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Apr 2024 00:15
Last Modified: 04 Apr 2024 00:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217949
[thumbnail of DALAM MAS EMBARGO] Text (DALAM MAS EMBARGO)
Marginata Sundawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item