Pengaruh Strategi Bisnis Dan Kualitas Audit Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2017-2021)

Kogoya, Merlin Angelin Rosalina and Hendi Subandi, MA., Ak. (2023) Pengaruh Strategi Bisnis Dan Kualitas Audit Terhadap Penghindaran Pajak (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2017-2021). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bisnis dan kualitas audit terhadap penghindaran pajak. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021 yaitu sebanyak 72 perusahaan. Sampel penelitian berjumlah 29 atau 145 data observasi yang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dimana pengambilan data mempertimbangan kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis linear berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan strategi bisnis dan kualitas audit berpengaruh terhadap penghindaran pajak, namun secara parsial strategi bisnis tidak berpengaruh terhadap strategi bisnis. Sedangkan, kualitas audit berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak.

English Abstract

This study aims to determine the effect of business strategy and audit quality on tax avoidance. The population used in this study is food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2017-2021, which is 72 companies. The research sample amounted to 29 or 145 observational data selected using a sampling technique, namely purposive sampling where data collection considers certain criteria. The analysis method used is multiple linear analysis using SPSS. The results of this study show that simultaneously business strategy and audit quality affect tax avoidance, but passively business strategy does not affect business strategy. Meanwhile, audit quality has a positive effect on tax avoidance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020882
Uncontrolled Keywords: Penghindaran Pajak; Strategi Bisnis; Kualitas Audit; Perusahaan Makanan dan Minuman.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:06
Last Modified: 04 Apr 2024 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217942
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0523020882-Merlin Angelin Rosalina Kogoya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item