“Perumusan Strategi Bersaing Pada Kedai Kopi Dan Angkringan Barakesna Dengan Menggunakan Strategy Formulation Framework”.

Permadi, M. Daffa’ Lazuardi and M. Abdi Dzil I. W, MM., CHRNLP. (2023) “Perumusan Strategi Bersaing Pada Kedai Kopi Dan Angkringan Barakesna Dengan Menggunakan Strategy Formulation Framework”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan strategy formulation framework dalam menyusun strategi bersaing bagi kedai kopi dan angkringan Barakesna. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini berupa sebuah gerai coffeeshop berkonsep jawa bernama Barakesna yang berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur. Kedai kopi dan angkringan Barakesna adalah usaha makanan dan minuman yang saat ini menghadapi persaingan yang semakin ketat. Metode penelitian ini dimulai dengan melakukan analisis lingkungan eksternal untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman yang dihadapi, serta analisis lingkungan internal untuk mengenali kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Kemudian hasil dari tersebut digunakan untuk data pada analisis matriks IE, matriks SWOT, serta QSPM. Berdasarkan hasil analisis menggunakan matriks IFE dan EFE dilanjutkan dengan pencocokan menggunakan matriks IE, Barakesna menempati kuadran V yang mengindikasikan perusahaan dalam kondisi hold and maintain. Kemudian hasil dari analisis menggunakan QSPM didapatkan bahwa strategi penetrasi pasar dengan skor TAS 5.05 dipilih sebagai strategi yang tepat dengan memfokuskan strategi bisnisnya untuk meningkatkan market share produknya pada pasar secara masif. Diharapkan, implementasi strategi ini akan meningkatkan daya saing kedai kopi dan angkringan Barakesna dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di pasar.

English Abstract

This research aims to apply the strategy formulation framework in formulating competitive strategies for Barakesna, a coffee shop and angkringan business. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The object of this research is a Javanese-themed coffee shop called Barakesna, located in Malang, East Java. Barakesna is a food and beverage business that is currently facing intense competition. The research method begins with conducting an analysis of the external environment to identify opportunities and threats, as well as an analysis of the internal environment to identify strengths and weaknesses. The results are then used for data in the IE matrix, SWOT matrix, and QSPM analyses. Based on the analysis results using the IFE and EFE matrices, followed by matching using the IE matrix, Barakesna is positioned in Quadrant V, indicating that the company is in a hold and maintain condition. Furthermore, the results of the QSPM analysis indicate that a market penetration strategy with a TAS score of 5.05 is chosen as the appropriate strategy, focusing on increasing its market share significantly. It is expected that the implementation of this strategy will enhance the competitiveness of Barakesna in facing the increasingly intense competition in the market

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020876
Uncontrolled Keywords: Strategy formulation framework, QSPM, Matriks IE, Strategi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 03 Apr 2024 06:41
Last Modified: 03 Apr 2024 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217932
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD DAFFA` LAZUARDI PERMADI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item