Mega Utami, Arvhi (2023) Pink Tax: Fenomena Disparitas Harga Personal Care Product dan Kebijakan Konsumen di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Fenomena pink tax merupakan isu ketidaksetaraan gender yang mendiskriminasi perempuan dalam pembelian barang atau jasa oleh produsen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi fenomena pink tax di Indonesia, yang mencakup eksistensi, faktor-faktor, serta urgensitas dari isu terkait. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis peran pemerintah melalui kebijakan terhadap munculnya fenomena pink tax. Kebijakan yang cukup bersinggungan dengan pink tax meliputi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, dan UndangUndang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, melibatkan studi literatur, studi dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pink tax hadir di Indonesia, namun kesadaran tentang masalah ini masih belum merata di seluruh lapisan masyarakat. Meskipun beberapa lembaga telah mengakui eksistensi masalah ini, belum ada langkah konkret yang diambil untuk mengurangi atau mengatasi diskriminasi harga berdasarkan gender tersebut. Selain itu, kebijakan yang ada saat ini dianggap belum mampu mengatasi praktik diskriminasi harga berbasis gender dan melindungi konsumen perempuan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa elemen kesetaraan gender belum sepenuhnya tercakup dalam kebijakan-kebijakan yang berlaku saat ini.
English Abstract
The phenomenon of pink tax is a gender inequality issue that discriminates women in the purchase of goods or services by producers. The objective of this research is to identify the pink tax phenomenon in Indonesia, encompassing its existence, influencing factors, and the urgency of the related issue. Additionally, this study aims to analyze the role of the government through policies regarding the emergence of the pink tax phenomenon. Policies closely associated with the pink tax include Law Number 8 of 1999 on Consumer Protection, Law Number 5 of 1999 on the Prohibition of Monopoly Practices and Unfair Business Competition, and Law Number 7 of 2014 on Trade. The research methodology employed in this study is qualitative, involving literature review, documentary analysis, and interviews. The findings of this research indicate that the pink tax exists in Indonesia, yet awareness of this issue is not evenly distributed across all layers of society. While some institutions have acknowledged the existence of this problem, there have been no concrete steps taken to reduce or address this gender-based price discrimination. Furthermore, current policies are deemed inadequate in addressing gender-based price discrimination practices and protect women’s consumer. This is attributed to the fact that gender equality elements are not fully encompassed in the existing policies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 04:15 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 04:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217926 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ARVHI MEGA UTAMI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |