Peran dan Usaha Front Office Manager Terhadap Konflik Yang Terjadi di Front Office HARRIS Suites fX Sudirman Jakarta

Aliffanza, Gema Irfan and Dr. Ulfa Andayani, S.Si and Dr. Dini Kurnia Irmawati, S.Pd., M.Pd, (2023) Peran dan Usaha Front Office Manager Terhadap Konflik Yang Terjadi di Front Office HARRIS Suites fX Sudirman Jakarta. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam kegiatan operasional hotel sehari – hari tidak luput dari tamu yang memberikan complaint terhadap hotel, Hal tersebut juga terjadi pada room attendant. Terbukti masih adanya karyawan room attendant yang menjalankan tugasnya yang belum maksimal dan tidak menjalankan SOP dari hotel sehingga masih adanya tamu yang memberikan complaint di Hotel Sofyan Cut Meutia Menteng Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan room attendant dalam menangani complaint tamu di Hotel Sofyan Cut Meutia Menteng Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik, penyajian data, redukisi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan terjadinya complaint dari tamu yang di sebabkan dari faktor-faktor pendorong terjadinya complaint dari tamu. Perlunya room attendant membuat strategi dalam menangani complaint tamu agar para karyawan room attendant dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal, sehingga tamu merasa puas dan tidak memberikan complaint di Hotel Sofyan Cut Meutia Menteng Jakarta.

English Abstract

In daily hotel operational activities, guests do not escape from giving complaints to the hotel. This also happens to room attendants. It has been proven that there are still room attendant employees who carry out their duties not optimally and do not follow the hotel's SOP so that there are still guests who give complaints at the Sofyan Cut Meutia Hotel, Menteng, Jakarta. The purpose of this research is to find out the strategies used by room attendants in handling guest complaints at the Sofyan Cut Meutia Menteng Hotel. The type of research used in this research is descriptive qualitative research with data collection using interview, questionnaire and documentation methods. Next, the data is analyzed using techniques, data presentation, data reduction, and drawing conclusions. The results of this research found that complaints from guests occurred which were caused by factors driving complaints from guests. It is necessary for room attendants to create a strategy in handling guest complaints so that room attendant employees can carry out their duties optimally, so that guests feel satisfied and do not give complaints at the Sofyan Cut Meutia Hotel, Menteng Jakarta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170484
Uncontrolled Keywords: Strategi Room attendant, complaint, tamu, Room attendant, Hotel Sofyan Cut Meutia Menteng Jakarta-Room attendant strategy, complaints, guests, room attendant, Hotel Sofyan Cut Meutia Menteng Jakarta
Divisions: Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 03 Apr 2024 03:00
Last Modified: 03 Apr 2024 03:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217911
[thumbnail of DALAM MAS EMBARGO] Text (DALAM MAS EMBARGO)
Gema Irfan Aliffanza.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item