Menelusuri Sistem Pengendalian Internal Atas Persediaan Barang Dagang ( Studi Kasus Pada Entitas Dagang Azaleya.Id )

Aristanto, Jeshica Olyvia and Dr. Aji Dedi Mulawarman, SP., MSA. (2024) Menelusuri Sistem Pengendalian Internal Atas Persediaan Barang Dagang ( Studi Kasus Pada Entitas Dagang Azaleya.Id ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan memahami faktor penyebab kelemahan pada sistem pengendalian internal persediaan barang dagang pada entitas dagang Azaleya.id. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data untuk penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian pada entitas dagang Azaleya.id menunjukkan bahwa implementasi sistem pengendalian internal persediaan barang dagang pada entitas dagang Azaleya.id sudah cukup efektif. Namun, terdapat beberapa kelemahan yang terjadi disebabkan oleh manajemen tidak memiliki pengamanan yang layak di dalam gudang seperti CCTV, tidak menerapkan batas minimum dan maksimum pada persediaan barang dagang, serta entitas melakukan evaluasi program kerja tidak secara berkala, melainkan hanya insidental. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa usulan untuk meningkatkan efektivitas sistem pengendalian internal pada entitas dagang Azaleya.id yaitu Seharusnya manajemen perlu untuk menerapkan pengamanan CCTV sebagai sarana yang layak untuk pengawasan yang lebih baik, menerapkan batas minimum dan maksimum pada saat re-order persediaan barang, serta melakukan evaluasi program kerja secara berkala untuk lebih meminimalisir kesalahan dalam kegiatan operasional

English Abstract

This study aims to analyze the effectiveness and the weaknesses of the internal control system of the merchandise inventory of the trading entity of Azaleya.id through qualitative descriptive approach, involving data obtained from interviews, observations, and documentation. The analysis results exhibit that the internal control system of the merchandise inventory of Azaleya.id is sufficiently effectively implemented despite several weaknesses such as improper security system inside the warehouse (the absence of CCTV), failure to implement minimum and maximum limits on merchandise inventory, and incidental work program evaluations instead of periodical ones. Based on the findings, this study suggests that Azaleya.id enhance the effectiveness of its internal control system by providing CCTV security for better supervision, apply minimum and maximum limits for inventory re-order, and conduct periodic evaluations of work programs to minimize errors in operational activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524020036
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Internal, persediaan barang dagang, analisis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:08
Last Modified: 04 Apr 2024 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217901
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jeshica Olyvia Aristanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item