Hutagaol, Daniel Abel Ferdinand and Pramadika Ramanda, ST., MAB (2023) Pengaruh Loyalitas Terhadap Kinerja Staff Front Office Sutasoma Hotel Jakarta. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Loyalitas merupakan bentuk dukungan yang diberikan karyawan kepada perusahaan yang diabdi. Dengan adanya loyalitas, perusahaan akan sangat diuntungkan sebab kesetiaan yang ditimbulkan karyawan dapat berpengaruh terhadap peningkatan performa kerja mereka. Dilain sisi, kinerja juga berpengaruh besar dalam menyokong kemajuan dan keberhasilan pencapaian visi misi yang telah ditetapkan perusahaan. Dengan kinerja yang memuaskan, maka kualitas sumber daya manusia yang ada dalam suatu perusahaan akan menjadi lebih baik, sehingga lebih mudah bagi perusahaan untuk mencapai visi dan misi mereka. Penelitian yang mengambil judul pengaruh loyalitas terhadap kinerja karyawan di departemen front office Sutasoma Hotel Jakarta ini bertujuan untuk membahas bagaimana tingkat loyalitas karyawan di Sutasoma Hotel Jakarta dan apakah loyalitas yang diemban karyawan didalam Sutasoma Hotel Jakarta berpengaruh terhadap kinerja karyawannya. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian kali ini merupakan duty manager dan juga front office supervisor di departemen front office Sutasoma Hotel Jakarta. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh positif dari loyalitas karyawan Sutasoma Hotel Jakarta, terhadap kinerja karyawannya. Oleh karena itu, pihak manajemen Sutasoma Hotel Jakarta dapat mempertahankan, bahkan meningkatkan lagi sikap loyalitas karyawannya serta kinerja baik yang telah dihasilkan karyawannya, dengan harapan agar dapat menjadi hotel dengan kualitas pelayanan yang terbaik.
English Abstract
Loyalty is a form of support given by employees to companies that are occupied. With loyalty, companies will benefit greatly because the loyalty caused by employees can affect their work performance improvement. Side-linked, performance also has a major influence in supporting progress and success in achieving the mission vision that the company has set. With satisfactory performance, the quality of human resources in a company will be better, making it easier for companies to achieve their vision and mission. The study, which took the title of an the effect of loyalty on employee performance in the Sutasoma Hotel Jakarta front office department, aims to discuss how the level of employee loyalty at Sutasoma Hotel Jakarta and whether the loyalty is carried by employees in depth Sutasoma Hotel Jakarta affected the performance of its employees. The research method used is a descriptive qualitative research method. The data retrieval technique in this study is a triangulation technique by way of interviews, observations, and documentation. The informant in this study was a duty manager and also a front office supervisor in the Sutasoma Hotel Jakarta front office department. The results of the study explain that there is a positive influence of the loyalty of Sutasoma Hotel Jakarta employees, on the performance of their employees. Therefore, the management of Sutasoma Hotel Jakarta can maintain, even increase the loyalty attitude of its employees and the good performance that its employees have produced, with the hope that it can become a hotel with the best quality of service.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170479 |
Uncontrolled Keywords: | Loyalitas, Kinerja Karyawan, Front Office Departement-Loyalty, Employee Performance, Front Office Departement |
Divisions: | Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 03 Apr 2024 01:35 |
Last Modified: | 03 Apr 2024 01:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217890 |
Text (DALAM MAS EMBARGO)
Daniel Abel Ferdinand Hutagaol.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Actions (login required)
View Item |