Pengaruh Tanggung Jawab Sosial dan Leverage terhadap Manajemen Laba dengan Kepemilikan Keluarga sebagai Variabel Moderasi.

Nuzilah, Irma Faizati and Assoc. Prof. Dr. Drs. Bambang Hariadi, Ak., M.Ec., and Dr. Endang Mardiati, Ak. (2024) Pengaruh Tanggung Jawab Sosial dan Leverage terhadap Manajemen Laba dengan Kepemilikan Keluarga sebagai Variabel Moderasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan leverage terhadap manajemen laba dengan kepemilikan keluarga sebagai variabel moderasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2018-2022. Sampel penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan hasil sampling sebesar 47 perusahaan manufaktur dan hasil akhir 235 data observasi. Penelitian ini menggunakan olah data kuantitatif dengan metode regresi linier berganda dan moderate regression linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility (CSR) mengurangi praktik manajemen laba, sedangkan leverage dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya manajemen laba. Kepemilikan keluarga memperlemah hubungan antara leverage dan manajemen laba, sedangkan kepemilikan keluarga tidak dapat memoderasi hubungan antara corporate social responsibility dengan manajemen laba. Hal ini dikarenakan perusahaan dengan kepemilikan keluarga mempertahankan citra perusahan, sehingga perusahaan dengan kepemilikan keluarga tidak akan melakukan manajemen laba.

English Abstract

The objective of this research is to empirically assess the effects of corporate social responsibility (CSR) and leverage on earnings management with family ownership as the mediating variable. The population is the entire manufacturing companies listed in the Indonesia Stock Exchange from 2018 to 2022. Using purposive technique, 47 companies were selected as the sample, resulting in 235 observation data. The examinations were conducted through multiple linear regression and moderated regression analysis. This study finds that corporate social responsibility (CSR) reduces earnings management practices, meanwhile, leverage can be one of the causes of earnings management. The family ownership variable weakens the relationship between leverage and earnings management, Meanwhile family ownership cannot moderate the relationship between corporate social responsibility and earnings management, this is because companies with family ownership maintain the company's image and companies with family ownership will not carry out earnings management.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0424020008
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laba, Corporate Social Responsibility, Leverage, Kepemilikan Keluarga
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:07
Last Modified: 04 Apr 2024 07:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217886
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Irma Faizati Nuzilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item