Kepuasan Pengguna Jalan terhadap Pelayanan Jalan Nasional di Perkotaan Kabupaten Trenggalek

Sulasmi, Atik and Dr. Ir. Agus Dwi Wicaksono, lic.rer.reg and Dr. Septiana Hariyani, S.T., M.T. (2024) Kepuasan Pengguna Jalan terhadap Pelayanan Jalan Nasional di Perkotaan Kabupaten Trenggalek. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalan nasional di perkotaan Kabupaten Trenggalek merupakan jalan kolektor primer yang melayani pergerakan lalu lintas jarak pendek dan jarak jauh. Kondisi eksisting jalan nasional berupa kerataan jalan, trotoar, fasilitas parkir dan pengaturan lalu lintas perlu ditingkatkan. Selama ini penanganan jalan hanya didasarkan pada kondisi eksisting jalan dan belum mempertimbangkan keterlibatan masyarakat dan pengguna jalan. Pengukuran kepuasan pengguna jalan yang menghasilkan atribut yang mempengaruhi kepuasan pengguna jalan dapat menjadi masukan bagi pengambil kebijakan untuk memodifikasi kondisi saat ini guna meningkatkan kepuasan pengguna jalan di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan 2 (dua) metode analisis utama yaitu metode analisis CSI (Customer Satisfaction Index) untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna jalan terhadap masing-masing elemen dan atribut/ variabel penelitian dan analisis Important-Performance Analysis (IPA) untuk memetakan posisi atribut/ variabel pada matriks IPA sehingga dapat diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna jalan nasional baik di perkotaan maupun di luar perkotaan Kabupaten Trenggalek. Selain analisis utama juga dilakukan analisis pendukung yaitu analisis gap dan analisis kondisi eksisting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna jalan nasional di perkotaan Kabupaten Trenggalek lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat kepuasan untuk jalan di luar perkotaan. Hal ini terbukti dari nilai CSI Total jalan diperkotaan sebesar 76,6271%, lebih tinggi 6,8173% dibandingkan CSI Total jalan di luar perkotaan sebesar 69,8098%. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna jalan nasional untuk jalan diperkotaan lebih tinggi dibandingkan dengan pengguna jalan nasional di luar perkotaan yang ditunjukkan oleh jumlah atribut yang masuk kedalam Kuadran II untuk jalan di perkotaan lebih banyak dibandingkan jalan diluar perkotaan dengan perbandingan 25:19, sebaliknya jumlah atribut yang masuk kedalam kuadaran I untuk jalan di luar perkotaan lebih banyak dibandingkan jalan di perkotaan dengan perbandingan 19:9. Prioritas penanganan jalan nasional di perkotaan maupun di luar perkotaan Kabupaten Trenggalek diarahkan pada 5 (lima) atribut/ variabel yang sama yaitu RF11 Halte untuk pemberhentian bis atau angkutan umum tersedia dan berfungsi baik; RS15 Sistem drainase jalan berfungsi baik; RS8 Kondisi jalan mendukung keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki; RF2 Permukaan jalan yang halus; SRU2 Tingkat pelayanan parkir kendaraan on street baik. Prioritas penanganan jalan nasional di luar perkotaan Kabupaten Trengalek meliputi 9 (sembilan) atribut/ variabel yaitu RF2 Permukaan jalan yang halus; RS5 Lampu penerangan jalan jumlahnya mencukupi dan berfungsi dengan baik; RF10 Lampu penerangan jalan tersedia dan berfungsi baik; RF5 Adanya inlet dan bak kontrol/manholes pada saluran drainase jalan; RF11 Halte untuk pemberhentian bis atau angkutan umum tersedia dan berfungsi baik; RS8 Kondisi jalan mendukung keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki; RS16 Adanya usaha penyelenggara jalan dalam memperbaiki black spot; EI7 Tingkat sistem drainase jalan di lingkungan sekitar baik; SRU1 Tingkat pelayanan pejalan kaki (akses penyeberangan, kondisi trotoar dll) sesuai standart.

English Abstract

National roads in urban area of Trenggalek Regency are primary collector roads that serve short and long distance traffic movements. The existing conditions of national roads in the form of road flatness, sidewalks, parking facilities and traffic management need to be improved. So far, road management has only been based on existing road conditions and has not considered the involvement of the community and road users. Measuring road user satisfaction which produces attributes that influence road user satisfaction can be input for policy makers to modify current conditions to increase road user satisfaction in the future. This research uses 2 (two) main analysis methods, namely the CSI (Customer Satisfaction Index) method to measure the level of road user satisfaction with each element and attribute/ research variable and Important-Performance Analysis (IPA) analysis to map the position of the attribute/variable. on the IPA matrix so that the factors that influence the satisfaction of national road users both in urban and non-urban areas of Trenggalek Regency can be identified. Apart from the main analysis, supporting analysis is also carried out, namely gap analysis and analysis of existing conditions. The research results show that the level of satisfaction of national road users in urban area of Trenggalek Regency is higher than the level of satisfaction for roads outside urban areas. This is evident from the CSI value for total urban roads of 76.6271%, 6.8173% higher than the CSI total for roads outside urban areas of 69.8098%. The results of the IPA analysis show that the level of satisfaction of national road users for urban roads is higher than that of national road users outside urban areas as indicated by the number of attributes included in Quadrant II for urban roads being greater than for non-urban roads with a ratio of 25:19, on the other hand The number of attributes included in quadrant I for roads outside urban areas is greater than for roads in urban areas with a ratio of 19:9. Priority for handling national roads in urban and non-urban Trenggalek Regency is directed at the same 5 (five) attributes/variables, namely RF11 Bus or public transport stops are available and functioning well; RS15 Road drainage system is functioning well; RS8 Road conditions support pedestrian safety and comfort; RF2 Smooth road surface; SRU2 The level of on-street vehicle parking service is good. Priority for handling national roads outside urban areas of Trengalek Regency includes 9 (nine) attributes/variables, namely RF2 Smooth road surface; RS5 Street lighting is sufficient in number and functions well; RF10 Street lighting is available and functioning well; RF5 Presence of inlets and control tanks/manholes in road drainage channels; RF11 Bus or public transport stops are available and functioning well; RS8 Road conditions support pedestrian safety and comfort; RS16 The existence of efforts by road operators to repair black spots; EI7 The level of the road drainage system in the surrounding environment is good; SRU1 The level of pedestrian service (crossing access, sidewalk conditions, etc.) meets standards.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0424070001
Uncontrolled Keywords: jalan nasional, kepuasan pengguna jalan, IPA, CSI, national roads, road user satisfaction, IPA, CSI
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Unnamed user with email dini@ub.ac.id
Date Deposited: 03 Apr 2024 07:47
Last Modified: 03 Apr 2024 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217861
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Atik Sulasmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item