Analisis Faktor yang Memengaruhi Niat dan Perilaku Penggunaan ChatGPT pada Mahasiswa Menggunakan Model UTAUT2 Termodifikasi

A’ini, Farah Nur and Intan Sartika Eris Maghfiroh, S.E., M.B.A and Ir. Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom.,M.AB. (2024) Analisis Faktor yang Memengaruhi Niat dan Perilaku Penggunaan ChatGPT pada Mahasiswa Menggunakan Model UTAUT2 Termodifikasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

ChatGPT, sebuah produk kecerdasan buatan yang dikeluarkan oleh OpenAI pada November 2022, mengalami lonjakan pengguna yang signifikan. Sebagai model generatif, ChatGPT mampu menghasilkan teks berdasarkan input pengguna, menjadikannya alat yang potensial bagi mahasiswa untuk mendukung berbagai kegiatan akademis seperti menyelesaikan tugas, mencari informasi, atau berinteraksi sebagai teman diskusi virtual. Namun, keberlanjutan penggunaan ChatGPT dalam konteks pendidikan memunculkan sejumlah pertimbangan etika dan akurasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami faktor-faktor yang memengaruhi niat dan perilaku mahasiswa dalam memanfaatkan ChatGPT. Model yang diajukan didasarkan pada teori adopsi teknologi Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2), mengintegrasikan enam variabel untuk memprediksi niat dan perilaku penggunaan ChatGPT. Metode partial-least squares structural equation modeling (PLS-SEM) digunakan dalam pemodelan persamaan struktural untuk menganalisis data. Temuan berdasarkan laporan data dari 116 mahasiswa Universitas Brawijaya mengindikasikan konfirmasi empat dari tujuh hipotesis yang diajukan. Hasil menunjukkan bahwa kebiasaan menjadi prediktor utama dari niat berperilaku, diikuti oleh motivasi hedonis dan kondisi yang memfasilitasi. Lalu, perilaku penggunaan ChatGPT juga memiliki pengaruh positif terhadap niat berperilaku. Temuan ini kontras dengan beberapa penelitian terdahulu. Meskipun responden mengakui manfaat ChatGPT dalam membantu kinerja dan memberikan jawaban yang kreatif, mereka juga menyoroti keterbatasan karena objek yang diteliti merupakan ChatGPT versi gratis. Penelitian ini menyoroti pentingnya eksplorasi lebih lanjut terkait adopsi alat kecerdasan buatan dalam konteks pendidikan, serta potensi pengembangan model yang ada untuk memahami lebih dalam dinamika penerimaan ChatGPT di kalangan mahasiswa.

English Abstract

ChatGPT, an artificial intelligence product released by OpenAI in November 2022, has experienced a significant surge in users. As a generative model, ChatGPT can generate text based on user input, making it a potential tool for students to support various academic activities such as completing assignments, seeking information, or engaging in virtual discussion as a chat companion. However, the sustainability of ChatGPT usage in the educational context raises ethical and accuracy considerations. This research aims to delve into the factors influencing the intention and behavior of students in utilizing ChatGPT. The proposed model is based on the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2), integrating six variables to predict the intention and usage behavior of ChatGPT. The partial-least squares structural equation modeling (PLS-SEM) method is employed to analyze the data. Findings based on data reports from 116 students at Brawijaya University indicate the confirmation of four out of seven hypotheses proposed. The results reveal that habit is the primary predictor of behavioral intention, followed by hedonic motivation and facilitating conditions. Moreover, the usage behavior of ChatGPT also has a positive influence on behavioral intention. These findings contrast with some previous studies. Although respondents acknowledge the benefits of ChatGPT in assisting performance and providing creative answers, they also highlight limitations due to the examined object being the free version of ChatGPT. This study emphasizes the importance of further exploration regarding the adoption of artificial intelligence tools in the educational context and the potential development of existing models to better understand the dynamics of ChatGPT acceptance among students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150251
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, chatbot, AI, UTAUT2, Niat dan Perilaku, Mahasiswa, PLS-SEM-ChatGPT, chatbot, AI UTAUT2, Intention and Behavior, Students, PLS-SEM
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:43
Last Modified: 25 Apr 2024 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217808
[thumbnail of DALAM MAS EMBARGO] Text (DALAM MAS EMBARGO)
Farah Nur A'ini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item