Pengaruh Price Discount Terhadap Customer Loyalty Dimediasi Oleh Customer Satisfaction (Studi Pada Pengguna Layanan Gofood Di Kota Malang)

Faizin, Badriyatul and Ida Yulianti, SE., MBA., M.M., Ph.D (0014) Pengaruh Price Discount Terhadap Customer Loyalty Dimediasi Oleh Customer Satisfaction (Studi Pada Pengguna Layanan Gofood Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh price discount melalui fitur “Mode Hemat” terhadap customer loyalty yang dimediasi oleh customer satisfaction pada pengguna layanan GoFood di Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dan metode analisis kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 210 responden. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak AMOS 24 dan SPSS 25. Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa price discount berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap customer satisfaction. Selanjutnya, temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa price discount tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap customer loyalty. Ketiga, customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty. Keempat, price discount berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty melalui customer satisfaction., sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel mediasi dari penelitian ini berperan dengan baik dalam menjelaskan pengaruh antara variabel bebas dan terikat. Maka dari itu, implikasi praktis dari penelitian ini dapat digunakan untuk landasan dalam perbaikan kebijakan pemasaran dan peningkatan kualitas layanan dalam rangka mempertahankan serta meningkatkan pangsa pasar di industri delivery order app.

English Abstract

The objective of this research is to analyze the effect of price discount feature in GoFood, i.e., Mode Hemat, on the loyalty of GoFood customers in Malang City with the mediation of customer satisfaction. The data of this quantitative explanatory study was harvested from questionnaires distributed to 210 respondents and was analyzed using Structural Equation Modeling in AMOS 24 and SPSS 25. The results of the analysis indicate that price discount positively and significantly influences customer satisfaction, that the effect of price discount on customer loyalty is negative and insignificant, that customer satisfaction positively and significantly influences customer loyalty, and that price discount significantly affects customer loyalty through customer satisfaction. Therefore, it can be concluded that the mediating variable of this research performs well in explaining the relationship between the dependent and independent variables. The results of this research can be used as a foundation for improvements in marketing policies and service quality, by which the market share in delivery order app industry can be maintained and expanded.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020853
Uncontrolled Keywords: price discount, customer satisfaction, customer loyalty
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 03 Apr 2024 06:38
Last Modified: 03 Apr 2024 06:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217790
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Badriyatul Faizin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item