Optimasi Layanan Warung Ayam Bakar Lientang dengan Root Cause Analysis berdasarkan Hasil Analisis Sentimen berbasis Aspek

Abrori, Arum and Nanang Yudi Setiawan, S.T., M.Kom and Niken Hendrakusma Wardani, S.kom., M.Kom. (2024) Optimasi Layanan Warung Ayam Bakar Lientang dengan Root Cause Analysis berdasarkan Hasil Analisis Sentimen berbasis Aspek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Warung Ayam Bakar Lientang merupakan restoran di Kota Malang yang telah berdiri sejak 2002. Dalam menghadapi persaingan yang ketat, diperlukan strategi bisnis berorientasi pelanggan, salah satunya dengan memanfaatkan ulasan pelanggan yang ada di platform online. Namun, pemanfaatan ulasan pelanggan Warung Ayam Bakar Lientang masih terbilang minim disebabkan oleh keterbatasan sumber daya dan kemampuan pengolahan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek dan sentimen yang ada pada ulasan pelanggan Warung Ayam Bakar Lientang dengan menerapkan pemodelan topik menggunakan latent dirichlet allocation (LDA) dan pendekatan berbasis lexicon menggunakan lexicon VADER. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi akar permasalahan dan merumuskan rekomendasi solusi perbaikan untuk sentimen negatif yang ada di setiap aspek dengan metode root cause analysis. Data yang digunakan berupa data ulasan pelanggan yang diperoleh melalui web scraping pada situs Google Review dari tahun 2021 hingga Oktober 2023. Temuan menunjukkan empat aspek utama dalam ulasan pelanggan, meliputi makanan, pelayanan, suasana, dan nilai, dengan 489 ulasan positif dan 483 ulasan negatif. Hasil analisis sentimen berbasis aspek menjadi dasar untuk root cause analysis dengan diagram fishbone dan melibatkan diskusi bersama pihak stakeholder. Hasil root cause analysis mengungkap akar permasalahan serta rekomendasi solusi perbaikan untuk sentimen negatif yang di setiap aspek.

English Abstract

Warung Ayam Bakar Lientang is a restaurant located in Malang that has been operating since 2002. In this competitive field, a customer oriented business strategy is needed, such as utilizing customer review on online platforms. However, this form of utilization is lacking in Ayam Bakar Lientang, caused by insufficient human resources and data processing ability. This research aims uncover aspects and sentiment on Ayam Bakar Lientang reviews using LDA and lexicon-based with VADER. Moreover, this research also aims to identify root causes and formulate improvement recommendation of the negative sentiments in each aspect. The data used is in the form of customer review from 2021 until October of 2023 retrieved from Google Review. Finding shows four aspects encompassing food, service, ambience, and value, with 489 positive 483 negative reviews. Results of aspect based sentiment analysis is used as a base for root cause analysis with fishbone diagram involving the stakeholder. Results of root cause analysis uncover the root causes and improvement recommendation for the negative sentiment of each aspect.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150241
Uncontrolled Keywords: analisis sentimen, pemodelan topik, Root Cause Analysis (RCA), rekomendasi bisnis, lexicon-sentiment analysis, topic modelling, Root Cause Analysis (RCA), business recommendations, aspects, lexicon
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:43
Last Modified: 25 Apr 2024 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217786
[thumbnail of DALAM MAS EMBARGO] Text (DALAM MAS EMBARGO)
Arum Abrori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item