Pengaruh Kesadaran, Skeptisisme, Kekayaan Media Sosial, dan Norma Subjektif Terhadap Niat Menggunakan Produk Perbankan Syariah Dengan Sikap Sebagai Mediasi.

Haro, Andrian and Prof. Dr. Margono Setiawan, S.E., SU., and Sunaryo, S.E., M.Si., Ph.D., and Prof. Ananda Sabil Hussein, S.E., M.Com., Ph.D., (2024) Pengaruh Kesadaran, Skeptisisme, Kekayaan Media Sosial, dan Norma Subjektif Terhadap Niat Menggunakan Produk Perbankan Syariah Dengan Sikap Sebagai Mediasi. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri perbankan syariah memiliki peluang yang potensial secara global. Namun demikian, kondisi pangsa pasar dan penetrasi industri perbankan syariah di Indonesia masih terbilang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis secara empiris faktor-faktor yang memengaruhi niat konsumen untuk menggunakan produk perbankan syariah. Hal tersebut dilakukan melalui pengembangan model Theory of Reasoned Action yang diintegrasikan dengan variabel kesadaran, skeptisisme, dan kekayaan media sosial (adaptasi dari Media Richness Theory). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang belum pernah menggunakan produk perbankan syariah di Jakarta. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 214 responden yang telah memenuhi kriteria. Analisis data penelitian menggunakan structural equation modeling. Hasil temuan yang diperoleh menunjukkan bahwa sikap, kesadaran, dan skeptisisme memberikan pengaruh terhadap niat menggunakan produk perbankan syariah. Selanjutnya norma subjektif, skeptisisme, dan kekayaan media sosial merupakan faktor penentu yang memengaruhi sikap untuk menggunakan produk perbankan syariah. Selain itu, temuan yang diperoleh juga mendukung peran sikap sebagai mediasi sebagian dan sempurna pada hubungan skeptisisme, kekayaan media sosial, dan norma subjektif terhadap niat menggunakan produk perbankan syariah. Hasil penelitian ini tentunya dapat dimanfaatkan secara teoritis dan praktis melalui pengembangan model integratif TRA diperluas (extended TRA) dengan faktor internal dan eksternal konsumen untuk memprediksi niat konsumen menggunakan produk perbankan syariah.

English Abstract

Sunaryo, Co-Promoter 2: Ananda Sabil Hussein. The Islamic banking industry has potential global opportunities. However, Indonesia's market share and penetration of the Islamic banking industry are still relatively low. This research empirically tests and analyzes the factors influencing consumers' intention to use Islamic banking products. This is done by developing the Theory of Reasoned Action model, which is integrated with the variables of awareness, skepticism, and social media richness (an adaptation of Media Richness Theory). The population in this research are consumers who have never used Islamic banking products in Jakarta. The total sample used in this research was 214 respondents who met the criteria. Research data analysis uses structural equation modeling. The findings obtained show that attitude, awareness, and skepticism influence the intention to use Islamic banking products. Furthermore, subjective norm, skepticism, and

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: 0624020005
Uncontrolled Keywords: Kesadaran, Skeptisisme, Kekayaan Media Sosial, Niat Menggunakan, Theory of Reasoned Action, Perbankan Syariah.
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:24
Last Modified: 02 Apr 2024 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217764
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Andrian Haro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item