Pengaruh Platfrom E-Commerce dan Faktor Internal Pada Keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Keripik di Kabupaten Malang.

As’ad, Achmad Rifki and Muhammad Dandy Alif Wildana, S.E., M.Sc.IBF., (2024) Pengaruh Platfrom E-Commerce dan Faktor Internal Pada Keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Keripik di Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu wilayah di Jawa Timur yang menunjukkan potensi signifikan dalam perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah Kabupaten Malang. Kabupaten Malang yang merupakan kabupaten terbesar kedua yang memiliki potensi yang besar dalam mempunyai banyak pelaku UMKM dibanding kabupaten atau kota besar lainnya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui besaran pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Variabel meliputi Modal (X1), Tenaga Kerja (X2), Lama Usaha (X3), E-Commerce (X4). Penelitian ini mengumpulkan data primer dengan cara wawancara tidak terstruktur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yang digunakan untuk melakukan uji model pendapatan. Hasil penelitian ini menunjukkan modal dan lama usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM keripik di Kabupaten Malang sedangkan variabel e- commerce, dan tenaga kerja tidak berpengaruh terhadap pendapatan UMKM. Variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi pendapatan UMKM Keripik di Kabupaten Malang sebesar 50,3 persen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524020030
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Modal, Tenaga Kerja, Lama Usaha, E-Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:28
Last Modified: 02 Apr 2024 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217761
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Achmad Rifki As'ad.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item