Pengalaman Konsumen dalam Menggunakan Fitur Augmented Reality (AR) di Shopee BeautyCam

Widyowati, Rila and Wifka Rahma Syauki, S.I.Kom, M.Si. (2023) Pengalaman Konsumen dalam Menggunakan Fitur Augmented Reality (AR) di Shopee BeautyCam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Digitalisasi menyebabkan perusahaan bereksperimen dengan cara-cara baru sesuai perkembangan zaman untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satunya yaitu munculnya teknologi Augmented Reality (AR) yang diterapkan dalam platform e-commerce. Di Indonesia, teknologi AR diterapkan dalam e-commerce Shopee, dengan nama Shopee BeautyCam, yang memungkinkan konsumen untuk “uji coba” produk kecantikan secara virtual sebelum melakukan pembelian. Penelitian ini mencari tahu pengalaman masing-masing konsumen dalam menggunakan fitur AR di Shopee BeautyCam. Dari pengalaman tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana proses keputusan pembelian produk kosmetik oleh konsumen dalam konteks berbelanja online. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi yang berhubungan dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengalaman subyektif masing-masing pengguna Shopee BeautyCam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur AR di Shopee BeautyCam dapat membantu informan dalam pembelian produk kosmetik dan memberikan pengalaman yang baru dibandingkan dengan cara yang tradisional. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Generasi Z dan Generasi Milenial akhir merespon positif akan teknologi ini karena mereka terbiasa tumbuh dengan adanya internet. Selanjutnya, dari data yang dikumpulkan, informan mengatakan bahwa AR Shopee BeautyCam bisa menjadi salah satu sumber informasi yang cukup dalam memutuskan pembelian sebuah produk kosmetik. Maka dari itu, dapat dipertegas lagi bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa AR dapat menjadi strategi sukses untuk e-commerce dan brand untuk meningkatkan penjualan mereka. Oleh karena itu, perlunya meningkatkan performa, penambahan brand sehingga konsumen dapat memilih sesuai preferensi mereka, maupun penambahan fitur agar teknologi AR di Shopee BeautyCam sesuai dengan perkembangan zaman dan konsumen dapat berpartisipasi aktif alih-alih menggunakannya secara pasif.

English Abstract

Digitalisation causes companies to experiment with new ways according to the times to meet consumer needs. One of them is the emergence of Augmented Reality (AR) technology applied in e-commerce platforms. In Indonesia, AR technology is applied in e-commerce Shopee, under the name Shopee BeautyCam, which allows consumers to virtually "trial" beauty products before making a purchase. This research seeks to find out each consumer's experience in using the AR feature in Shopee BeautyCam. From this experience, the researcher wants to know how the decision process of purchasing cosmetic products by consumers in the context of online shopping. This research uses a phenomenological approach related to the research objectives to find out the experiences of each Shopee BeautyCam user. The results showed that the AR feature in Shopee BeautyCam can help informants in purchasing cosmetic products and provide a new experience compared to the traditional way. The research also shows that Generation Z and late Millennials respond positively to this technology as they are used to growing up with the internet. Furthermore, from the data collected, informants said that AR Shopee BeautyCam could be one of the sources of sufficient information in deciding to purchase a cosmetic product. Thus, it can be reaffirmed that the research results show that AR can be a successful strategy for e-commerce and brands to increase their sales. Therefore, there is a need to improve performance, providing consumers with a variety of different brands to choose from based on their individual preferences, and add features so that AR technology in Shopee BeautyCam is in line with the times and consumers can actively participate instead of using it passively.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523110050
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, experiential marketing, perilaku konsumen-Augmented reality, experiential marketing, consumer behaviour
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Apr 2024 01:22
Last Modified: 01 Apr 2024 01:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217744
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rila Widyowati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item