Penyelenggaraan Pendidikan yang Membebaskan di PKBM Sanggar Anak Alam (SALAM)

Husein, Muhammad Sandi and Anik Susanti, S.Pd., M,Si (2023) Penyelenggaraan Pendidikan yang Membebaskan di PKBM Sanggar Anak Alam (SALAM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akses pendidikan nyatanya belum mampu diakses oleh setiap orang dari berbagai lapisan masyarakat. Disisi lain, pendidikan hari ini berfokus pada penyeragaman pemahaman dan kompetensi siswa melalui serangkaian capaian nilai dalam setiap mata pelajaran yang mendorong tumpulnya kreativitas anak serta metode belajar yang demikian tidak mampu mengakomodir keunikan yang dimiliki oleh setiap siswa. Selain itu, pembelajaran didalam kelas yang bersifat transfer knowledge dengan menjadikan guru sebagai sumber pengetahuan dan hubungan yang tidak setara mengakibatkan tidak adanya ruang dialog antara siswa dan guru dalam hubungan yang setara. Mengacu pada permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang penyelenggaraan pendidikan membebaskan yang dilakukan oleh PKBM Sanggar Anak Alam (SALAM). SALAM merupakan sebuah sekolah non formal dengan kurikulum serta metode belajar yang unik dan berbeda dengan mayoritas sekolah di Indonesia. Penelitian kali ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kerangka teoritis yang digunakan oleh peneliti adalah teori Strukturasi yang dikemukakan oleh Anthony Giddens. Teori ini dapat memberikan gambaran utuh mengenai agen, agensi, dan pembentukan struktur untuk menjadi sarana dan aturan bagi pendidikan yang diselenggarakan oleh para agen di SALAM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan dapat dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat dan kemampuan siswa. Selain itu, pendidikan juga mampu mengakomodir keunikan siswa dan memicu pemikiran kritis siswa melalui pendidikan yang dilakukan secara kontekstual dengan metode riset yang dilaksanakan melalui mekanisme daur belajar SALAM.

English Abstract

Access to education remains inaccessible to individuals across various strata of society. Contemporary education, on the other hand, predominantly centers around standardizing students' knowledge and proficiency, as quantified by a series of subject-specific achievement scores. This emphasis on conformity often stifles children's creativity, failing to cater to each student's unique strengths and qualities. Furthermore, the traditional classroom model, wherein teachers are the sole fountains of knowledge, perpetuates an unequal dynamic that hinders equitable student-teacher dialogues. In response to this pressing issue, researchers have taken a keen interest in exploring the implementation of emancipatory education as exemplified by PKBM Sanggar Anak Alam (SALAM). SALAM is a non-formal educational institution with a curriculum and pedagogical methods that significantly diverge from the mainstream educational approaches in Indonesia. This research employs a descriptive qualitative methodology, utilizing interviews, observations, and document analysis as data collection techniques. The theoretical framework guiding the researchers is Anthony Giddens' Structuration theory, which offers a comprehensive perspective on the roles of agents, agencies, and the formation of structures that shape the educational processes at SALAM. The findings of this research illustrate that education can be made accessible to individuals across diverse socio-economic backgrounds while accommodating the unique abilities and qualities of students. Additionally, the educational approach at SALAM encourages critical thinking, as it is contextually embedded and facilitated through the structured SALAM learning cycle mechanism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523110047
Uncontrolled Keywords: Pendidikan membebaskan, pendidikan kontekstual, permasalahan pendidikan, SALAM.Liberating education, contextual education, educational problems, SALAM.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 01 Apr 2024 01:05
Last Modified: 01 Apr 2024 01:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217741
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Sandi Husein.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item