Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Meningkatkan Brand Image Persik Kediri

Suryolaksono, Lutfi Halim and Wifka Rahma Syauki, S.I.Kom, M.Si. (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Meningkatkan Brand Image Persik Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunikasi pemasaran terpadu dipercaya menjadi strategi yang efektif dan efisien karena memadukan alat-alat promosi yang terintegrasi sehingga promosi yang dilakukan bekerja secara harmonis. Selain untuk meningkatkan penjualan, komunikasi pemasaran terpadu juga bertujuan untuk meningkatkan brand image dan brand awareness sebuah merek atau perusahaan termasuk pada bidang industri olah raga. Manajemen pemasaran dan pemanfaatan komersial adalah faktor utama sepak bola menjadi industri populer di dunia. Brand image memberikan peluang untuk pemasar olahraga untuk menunjukkan image klub yang konsisten dan stabil kepada publik karena produk utamanya yakni pertandingan, bersifat tidak stabil. Salah satu klub sepak bola profesional di Indonesia yang menggunakan strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan brand image-nya adalah Persik Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara dan studi dokumentasi dalam mengumpulkan data. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi dan implementasi komunikasi pemasaran yang dilakukan dan implikasinya terhadap peningkatan brand image secara menyeluruh. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen Persik Kediri menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu untuk meningkatkan brand image yang sempat negatif dengan elemen yang digunakan yakni iklan, penjualan personal, pemasaran langsung, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran digital. Implikasi dari strategi yang dilakukan adalah tiket terusan yang termasuk dalam promosi penjualan berhasil menjangkau konsumen luar negeri.

English Abstract

Integrated marketing communication is a widely used strategy that combines various promotional tools to achieve effective and efficient promotion. It not only helps to increase sales but also aims to enhance brand image and awareness including sports industry. In the football industry, marketing management and commercial utilization play a vital role in making it a popular industry worldwide. As football matches are an unstable product, brand image provides an opportunity for sports marketers to demonstrate a consistent and stable club image to the public. Persik Kediri, a professional football club in Indonesia, is one such example that uses integrated marketing communication strategies to improve its brand image. The research conducted a descriptive qualitative method, including interviews and documentation studies, to understand the strategy and implementation of marketing communication and its implications for overall brand image improvement. The research findings suggest that Persik Kediri's management employs an integrated marketing communication strategy to improve the negative brand image using advertising, personal selling, direct marketing, sales promotion, public relations, and digital marketing. The strategy implies that the sales promotion that included a season ticket successfully reached foreign consumers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523110045
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Strategi Pemasaran, Sports Marketing, Brand Image, Persik Kediri-Integrated Marketing Communication, Marketing Strategy, Sports Marketing, Brand Image, Persik Kediri
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Apr 2024 00:50
Last Modified: 01 Apr 2024 00:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217739
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lutfi Halim Suryolaksono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item