Pengaruh Terapi Kognitif terhadap Resiliensi Digital pada Remaja

Lukitasari, Devi and Dr. Ns. Retno Lestari, S.Kep., M.Nurs. and Ns. Muladefi Choiriyah, S.Kep., M.Kep. (2024) Pengaruh Terapi Kognitif terhadap Resiliensi Digital pada Remaja. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat berpengaruh pada kehidupan manusia. Remaja sebagai pengguna media digital paling tinggi yaitu sebesar 99,16 %, ini tentunya terkena dampak dan ancaman dari media digital. Remaja sangat rentan terhadap perubahan, apabila remaja tidak mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan teknologi digital maka akan berpengaruh pada berbagai aspek, salah satunya yaitu aspek pendidikan. Oleh karena itu, remaja memerlukan resiliensi yang kuat agar mampu bertahan menghadapi dampak digital. Resiliensi dapat ditingkatkan melalui terapi, salah satunya yaitu terapi kognitif yang dapat mengubah pikiran negatif ke positif sehingga siswa memiliki kompetensi yang baik dalam menggunakan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terapi kognitif terhadap resiliensi digital pada remaja di SMAN 4 Malang. Metode penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan pendekatan pretest-posttest control group design. Responden penelitian ini terdiri dari 34 siswa kelas XI SMAN 4 Malang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur resiliensi digital adalah The Connor Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Hasil uji Wilcoxon resiliensi digital pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan masing-masing nilai p-value sebesar 0,001 dan 0,017. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan nilai pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terapi kognitif terhadap resiliensi digital pada remaja dengan nilai p-value = 0,027. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemberian terapi kognitif berpengaruh terhadap peningkatan resiliensi digital pada remaja.

English Abstract

The very rapid development of digital technology has an impact on human life. Teenagers are the highest digital media users, namely 99.16%, this is of course affected by the impact and threats from digital media. Teenagers are very vulnerable to change, if teenagers are unable to adapt to changes in digital technology it will affect various aspects, one of which is the educational aspect. Therefore, teenagers need strong resilience to be able to withstand digital impacts. Resilience can be increased through therapy, one of which is cognitive therapy which can change negative thoughts to positive so that students have good competence in using digital technology. This study aims to analyze the effect of cognitive therapy on digital resilience in adolescents at SMAN 4 Malang. This research method uses quasi-experiment with a pretest-posttest control group design approach. The respondents for this research consisted of 34 class XI students at SMAN 4 Malang. The instrument used to measure digital resilience is The Connor Davidson Resilience Scale (CD-RISC). The results of the Wilcoxon digital robustness test in the experimental group and control group showed p-values of 0.001 and 0.017 respectively. This shows that there are differences in pre-test and post-test scores in the experimental group and the control group. The results of the Mann-Whitney test show that there is an effect of cognitive therapy on digital resilience in adolescents with p-value = 0.027. So, it can be concluded that providing cognitive therapy has an effect on increasing digital resilience in adolescents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524160028
Uncontrolled Keywords: Resiliensi Digital, Terapi Kognitif, Konseling, Remaja.Digital Resilience, Cognitive Therapy, Counseling, Adolescents.
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:47
Last Modified: 24 Apr 2024 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217701
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Devi Lukitasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item