Pengaruh Online Service Quality, Motivasi dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat pada Konsumen Jameka Tour & Travel Bekasi (Survei Online pada Konsumen Jameka Tour & Travel Bekasi).

Pangestu, Wisnu Dinar and Aniesa Samira Bafadhal, S.AB., MAB and Irfan Kharisma Putra, SAB., MAB. (2024) Pengaruh Online Service Quality, Motivasi dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat pada Konsumen Jameka Tour & Travel Bekasi (Survei Online pada Konsumen Jameka Tour & Travel Bekasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas pergeseran industri transportasi, khususnya bisnis travel ke ekonomi digital. Kemajuan teknologi telah memungkinkan evolusi bisnis travel dari konvensional ke bisnis travel berbasis online, dengan internet menjadi platform utama untuk transaksi bisnis. Jameka Tour & Travel adalah salah satu perusahaan rintisan yang menerapkan teknologi dan pengembangan layanan berbasis online pada aplikasi dan situs web bertujuan untuk layanan yang mudah digunakan dan sesuai dengan keinginan konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Online Service Quality terhadap keputusan pembelian, (2) mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Motivasi terhadap keputusan pembelian, (3) mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Persepsi Harga terhadap keputusan pembelian, (4) mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Online Service Quality, Motivasi, dan Persepsi Harga terhadap keputusan pembelian. Jenis Penelitian dalam penelitian ini yaitu explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel independen yang terdiri dari Online Service Quality, Motivasi, dan Persepsi Harga serta variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian. Populasi dalam penelitian ini merupakan Konsumen Jameka Tour & Travel di Kota Bekasi. Sampel yang digunakan sebanyak 150 orang responden dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling dan metode pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan merupakan analisis statistik deskriptif dan analisis Regresi Linear Berganda. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan SPSS 25. Hasil dari analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa (1) variabel Online Service Quality (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), (2) variabel Motivasi (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), (3) variabel Persepsi Harga (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) ,serta (4) variabel Online Service Quality, Motivasi dan Persepsi Harga berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian (Y).

English Abstract

This research discusses the shift in the transportation industry, specifically the travel business, to the digital economy. Technological advancements have enabled the evolution of the travel business from conventional to online, with the Internet becoming the leading platform for business transactions. Jameka Tour & Travel is one of the startup companies that implement technology and online-based service development on applications and websites aimed at easy-to-use services by consumer desires. This research aims to (1) know and describe the influence of Online Service Quality on purchasing decisions, (2) know and describe the influence of Motivation on purchasing decisions, (3) know and describe the influence of Price Perception on purchasing decisions, (4) know and describe the influence of Online Service Quality, Motivation, and Price Perception on purchasing decisions. This study's research type is explanatory research with a quantitative approach. The variables in this study include independent variables consisting of Online Service Quality, Motivation, and Price Perception, and the dependent variable is the Purchasing Decision. The population in this study is the Consumers of Jameka Tour & Travel in Bekasi City. The sample used was 150 respondents with purposive sampling techniques and questionnaire data collection methods. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis and Multiple Linear Regression analysis. The data in this study were processed using SPSS 25. The results of the multiple linear regression analysis show that (1) the Online Service Quality variable (X1) partially has a significant effect on the Purchasing Decision (Y), (2) the Motivation variable (X2) partially has a significant effect on the Purchasing Decision (Y), (3) the Price Perception variable (X3) partially has a significant effect on the Purchasing Decision (Y), and (4) the variables of Online Service Quality, Motivation, and Price Perception simultaneously have a significant effect on the Purchasing Decision (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030104
Uncontrolled Keywords: Online Service Quality, Motivasi, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:18
Last Modified: 27 Mar 2024 07:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217689
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
WISNU DINAR PANGESTU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item