Wardhana, Mochamad Daffa Dzulfikar and Prof. Dr. Sudarsono,, S.H., M.S. and Bahrul Ulum Annafi,, S.H., M.H. (2024) Implementasi Pengawasan Pajak Restoran Dengan Online System Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pajak Daerah (Studi Di Badan Pendapatan Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada skripsi ini, penulis menangkat permasalahan Implementasi Pengawasan pajak Restoran dengan Online System berdasarkan Perda Kota Malang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh pelaku usaha restoran di Kota Malang yang masih tidak memasang alat perekam data transaksi dengan sistem e-tax yang mana pelaksanaan pemasangan alat tersebut telah diatur pada Pasal 67B ayat (1) Peda Kota Malang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pajak Daerah. Pada saat Bapenda Kota Malang melakukan sidak, terdapat wajib pajak restoran yang memasang alat e-tax tidak dalam keadaan aktif serta menggunakan mesin kasir ganda. Pelanggaran oleh wajib pajak restoran di Kota Malang dikabarkan mengakibatkan kerugian senilai Rp. 2.000.000.000,- (dua miliar rupiah). Berdasarkan hal tersebut di atas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana pelaksanaan pengawasan dengan online system berdasarkan Perda Kota Malang Nomor 8 Tahun 2019 dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Malang? (2) Apa kendala dan upaya apa saja yang Bapenda Kota Malang lakukan terkait pengawasan dengan online system berdasarkan Perda Kota Malang Nomor 8 Tahun 2019? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode socio legal dengan pendekatan yuridis sosiologis. Bahan hukum yang diperoleh penulis akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu menganalisis data yang didapat dengan mengolahnya dengan kalimat sehingga memperoleh hasil yang sistematis dan dapat dimengerti. Dari hasil penelitian dengan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa dalam melakukan pengawasan dengan online system, Bapenda Kota Malang melakukan beberapa upaya yakni upaya preventif berupa sosialisasi taat pajak, maintenance berkala, dan monitoring e-tax. Sedangka upaya represif berupa operasi gabungan dengan Satpol PP, Kejaksaan Negeri Kota Malang, Polresta Malang Kota, dan Denpom. Kendala yang dihadapi oleh Bapenda Kota Malang dalam melakukan pengawasan dengan online system ditunjukkan dengan Call center kurang tanggap, kurangnya pemahaman wajib pajak restoran mengenai penggunaan e-tax, wajib pajak restoran tidak transparan, dan kecurangan oleh wajib pajak.
English Abstract
In this thesis, the author raises the issue of Implementation of Supervision with Online System based on Malang City Regional Regulation Number 8 of 2019 concerning the Second Amendment to Malang City Regional Regulation Number 16 of 2010 concerning Regional Taxes. The choice of theme is motivated by restaurant business actors in Malang City who still do not install transaction data recording devices with the e-tax system, where the implementation of the installation of these devices has been regulated in Article 67B paragraph (1) of Malang City Regional Regulation Number 8 of 2019 concerning Regional Taxes. At the time Bapenda Malang City conducted the inspection, there were restaurant taxpayers who installed the e-tax device not in an active state and used a double cash register. Violations by restaurant taxpayers in Malang City reportedly resulted in a loss of Rp. 2,000,000,000, - (two billion rupiah). Based on the foregoing, this paper raises the formulation of the problem: (1) How is the implementation of supervision with an online system based on Malang City Regional Regulation Number 8 of 2019 in increasing Regional Original Revenue in Malang City? (2) What are the obstacles and efforts that Bapenda Malang City has made regarding supervision with an online system based on Malang City Regional Regulation Number 8 of 2019? Then the writing of this paper uses socio legal method with sociological juridical approach. The legal material obtained by the author will be analyzed using qualitative analysis techniques, namely analyzing the data obtained by processing it with sentences so as to obtain systematic and understandable results. From the results of research with the above methods, the authors obtained answers to existing problems that in conducting supervision with the online system, Bapenda Malang City made several efforts, namely preventive efforts in the form of socialization of tax compliance, periodic maintenance, and e-tax monitoring. While repressive efforts are in the form of joint operations with Satpol PP, Malang City District Attorney, Malang City Police, and Denpom. The obstacles faced by Bapenda Malang City in conducting supervision with the online system are indicated by the unresponsive call center, the lack of understanding of restaurant taxpayers regarding the use of e-tax, restaurant taxpayers are not transparent, and fraud by taxpayers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524010021 |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 05:33 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 05:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217680 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
M Daffa Dzulfikar Wardhana.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |