Analisis Resepsi Perempuan Terhadap Konsep Kecantikan Pada Brand Campaign ElsheSkin #ImPerfectBeauty di Instagram

Ikhwan, Zahra Osamia Nur and Dian Tamitiadini, S.I.KOM., M.Si (2023) Analisis Resepsi Perempuan Terhadap Konsep Kecantikan Pada Brand Campaign ElsheSkin #ImPerfectBeauty di Instagram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis resepsi audiens perempuan terhadap kampanye brand ElsheSkin #ImPerfectBeauty di Instagram. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode analisis resepsi Stuart Hall, penelitian ini berfokus tentang bagaimana standar kecantikan perempuan dilihat. Melalui wawancara semi terstruktur dengan empat partisipan perempuan usia 21-24 tahun yang aktif di Instagram, hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemaknaan pesan terdapat dua posisi yaitu posisi hegemoni dominan dan posisi negoisasi. Kampanye ini berhasil memberdayakan perempuan untuk menerima keunikan dan ketidaksempurnaan diri dengan menyuarakan konsep kecantikan yang inklusif. Meskipun demikian, ada masukan untuk meningkatkan efektivitas kampanye dalam menginspirasi dan memotivasi audiens.

English Abstract

This research analyzes the female audience's reception of the ElsheSkin #ImPerfectBeauty brand campaign on Instagram. Using a descriptive qualitative approach and Stuart Hall's reception analysis method, this research focuses on how women's beauty standards are viewed. Through semi-structured interviews with four female participants aged 21-24 years who are active on Instagram, the research results show that in interpreting messages there are two positions, namely the dominant hegemony position and the negotiation position. This campaign succeeded in empowering women to accept their uniqueness and imperfections by promoting an inclusive beauty concept. However, there are suggestions to improve the effectiveness of campaigns in inspiring and motivating audiences.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523110040
Uncontrolled Keywords: resepsi, kampanye produk, perempuan, Instagram, kecantikan.reception, brand campaign, women, Instagram, beauty.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:49
Last Modified: 27 Mar 2024 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217664
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zahra Osamia Nur Ikhwan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item