Dhuhawal, Novela Praharani and Dr. Ika Widyarini, M.L.H.R, Psi (2023) Kecenderungan Impulsive Buying Ditinjau dari Sikap Follower Terhadap Influencer Tasya Farasya di Instagram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tasya farasya merupakan seorang influencer yang cukup terkenal dalam bidang kecantikan. Follower tasya sendiri pada Instagram mencapai angka 6,5 juta. Adanya klaim tasya farasya approved menjadikan kredibilitas tasya yang cukup baik di mata pengikutnya. Hal ini dapat mengakibatkan minat beli konsumen naik. Apabila minat beli naik, kecenderungan impulsive buying juga akan bertambah. Hal ini tidak terpungkiri dari adanya peran sikap follower terhadap Tasya Farasya dimana sikap yang positif akan memberikan pengaruh positif pula terhadap Tasya Farasya. Dengan adanya sikap positif ini, klaim Tasya Farasya ini dapat terkenal dan memungkinkan adanya kecenderungan impulsive buying pada follower Tasya Farasya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peran sikap konsumen terhadap Influencer pada kecenderungan impulsive buying. Subjek penelitian diambil menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria usia 18 - 25 tahun, pengguna Instagram dan mengikuti Tasya Farasya, dan pernah melihat endorsement Tasya Farasya maksimal tiga bulan sebelumnya. Alat ukur yang digunakan adalah skala attitudes towards influencer dan skala impulsive buying tendency. Penelitian dilaksanakan secara online melalui media sosial dengan responden yang didapatkan sebanyak 181 responden. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji regresi sederhana pada IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan terdapat peran positif dan signifikan pada sikap konsumen terhadap kecenderungan impulsive buying pada influencer Tasya Farasya. dengan peran sebesar 6,6%
English Abstract
Tasya farasya is a famous beauty influencer in indonesia. Tasya Farasya’s Instagram account have 6,5 million followers. The existence of Tasya Farasya approved claims makes tasya credibility in the eyes of her follower quite good. This causes consumer buying interest to increase. If buying interest increases, the tendency to buy impulse is also increase. This can probably indicate the influence of the role of Tasya follower attitude which positive attitude will give a positive influence on Tasya Farasya herself. With a positive attitude that projected by her followers, her claim can be famous and allows for impulse buying tendency on Tasya Farasya’s follower. This study aims to analyze the role of consumer attitude toward the influencer on impulsive buying tendency. This study used purposive sampling technique with criteria indonesian citizens,18-25 years old, using Instagram and followed @TasyaFarasya account, have seen Tasya Farasya endorsement with maximum 3 months prior. Measurement used in this study is attitudes towards influencer scale dan impulsive buying tendency scale. The research was conducted online in Instagram and obtained 181 respondents. testing hypothesis using regression analysis with IBM SPSS 26 software. The result in this study indicate that attitude toward the influencer has positive and significant effect on impulsive buying tendency r(0,000)= 0,066 .
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523110031 |
Uncontrolled Keywords: | impulsive buying, influencer marketing, sikap, Tasya Farasya-attitude, impulsive buying, influencer marketing, Tasya Farasya |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 00:38 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 00:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217646 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Novela Praharani Dhuhawal.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |