“Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Gucialit”

Sari, Yuelda Marindha and Dr. Dwi Retno Andriani,, SP.,MP, and Imaniar Pariasa,, SP., MP., M.BA. (2023) “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Gucialit”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi menjadi salah satu hasil perkebunan yang mendominasi di wilayah Asia tenggara dan salah satunya adalah Indonesia. Hasil tanaman kopi di Kabupaten Lumajang khususnya di Desa Gucialit mengalami kenaikan produktifitas dari tahun ke tahun. Sejalan dengan berkembangnya tren mengkonsumsi kopi dalam beberapa tahun inimenjadikan peluang untuk menjadikan bisnis dibidang pengolahan kopi. Salah satunya adalah produk Kopi Gucialit. Dengan adanya tren kedai kopi dan menjadi pendorong meningkatnya daya beli konsumen terhadap olahan kopi menyebabkan banyaknya usaha yang bergerak dibidang pengolahan kopi. Produk pengolahan kopi yang serupa dengan merek yang berbeda menciptakan adanya kompetisi antar produk serupa karena pasar yang dituju sama. Produk kopi gucialit memiliki pesaing dalam jangkauan lokal dan jangkauan nasional. Melihat dari data penjualan dari tahun 2021 hingga tahun 2022 setiap bulannya mengalami naik turun. Apabila di hitung secara pertahun hanya mengalami kenaikan sebesar 5% saja. Hal ini mengharuskan pelaku usaha untuk dapat membuat strategi untuk meningkatkan penjualan sehingga dapat bersaing dengan kompetitor lainnya dengan melihat dari faktor kualitas layanan, kualitas produk dan harga produk. Dilakukannya penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan harga terhadapkepuasan konsumen Kopi Gucialit. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2023 hingga selesai. Kegiatan penelitian dilakukan secara online melalui penyebaran kuesioner dengan google form yang dikirim ke kontak konsumen dan media sosial Kopi Gucialit . Analisis data yang digunakan yaitu SEM-PLS dengan software WarpPLS 7.0 serta analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan, variabel kualitas produk, dan variabel harga memiliki hubungan yang positif siginifikan terhadap kepuasan konsumen. Pada penelitian ini variabel harga memiliki pengaruh yang paling tinggi terhadap tingkat kepuasan konsumen.

English Abstract

Coffee is one of the dominating plantation products in the Southeast Asian region and one of them is Indonesia. The yield of coffee plants in Lumajang Regency, especially in Gucialit Village, has increased in productivity from year to year. In line with the growing trend of consuming coffee in recent years, this creates an opportunity to make a business in the field of coffee processing. One of them is Gucialit Coffee product. With the trend of coffee shops and being a driving force for increasing consumer purchasing power for processed coffee, there are many businesses engaged in coffee processing. Similar coffee processing products with different brands create competition between similar products because the target market is the same. Gucialit coffee products have competitors in local reach and national reach. Looking at the sales data from 2021 to 2022 every month there are ups and downs. If calculated on an annual basis, it only increased by 5%. This requires business actors to be able to devise strategies to increase sales so that they can compete with other competitors by looking at the factors of service quality, product quality and product price. This research was conducted with the aim of knowing the effect of service quality, product quality and price on Gucialit Coffee consumer satisfaction. The research was conducted in May 2023 until completion. Research activities were carried out online by distributing questionnaires with a Google form which were sent to consumer contacts and Kopi Gucialit social media. The data analysis used was SEM-PLS with WarpPLS 7.0 software and descriptive statistical analysis. The results showed that the service quality variable, product quality variable, and price variable had a significant positive relationship to customer satisfaction. In this study, the price variable has the highest influence on the level of customer satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040386
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:13
Last Modified: 26 Mar 2024 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217602
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yuelda Marindha Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item