Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif (Studi Di Kampoeng Heritage Kajoetangan, Kecamatan Klojen, Kota Malang).

Sari, Shinta Devi Permata and Dr. Tri Yumarni, S.IP., M.Si. and Muhammad Rizki Pratama, S. IAN., MPA (2023) Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif (Studi Di Kampoeng Heritage Kajoetangan, Kecamatan Klojen, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi yang dimiliki oleh Kampoeng Heritage Kajoetangan sangat beragam, hal ini membuat kawasan tersebut banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Melihat antusias yang begitu besar, mendorong Kampoeng Heritage Kajoetangan untuk melakukan pengembangan terhadap ekonomi kreatif nya. Selain untuk menambah pendapatan bagi masyarakat lokal, kegiatan tersebut dapat menjadi wadah untuk pengembangan budaya lokal juga tentunya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk partisipasi masyarakat lokal terhadap pengembangan ekonomi kreatif, untuk mendeskripsikan model pengembangan ekonomi kreatif di Kampoeng Heritage Kajoetangan, dan untuk mengetahui faktor penghambat partisipasi masyarakat lokal. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dari kelima bentuk partisipasi mayarakat lokal yang terdiri dari partisipasi pemikiran, partisipasi tenaga, partisipasi keahlian, partisipasi barang, dan partisipasi uang hanya terdapat dua bentuk partisipasi yang sudah terlaksana oleh masyarakat lokal baik pelaku ekonomi kreatif maupun tidak yaitu partisipasi tenaga dan pastisipasi keahlian. dalam berpartisipasi hambatan yang dirasakan oleh masyarakat lokal adalah terkait pendanaan dan juga kurangnya peran dari pokdarwis dalam mempromosikan produk kreatif yang dibuat. Sedangkan, dari kelima model pengembangan ekonomi kreatif di Kajoetangan yang terdri dari industri, teknologi, sumber daya, institusi, dan perantara keuangan hanya terdapat empat model pengembangan yang telah terlaksana yaitu industri, teknologi, sumber daya, dan institusi. Kesimpulan penelitian ini adalah belum semua bentuk partisipasi masyarakat dan model pengembangan ekonomi kreatif terpenuhi serta masih terdapat faktor penghambat secara internal maupun eksternal yang diperoleh oleh masyarakat lokal.

English Abstract

The potential of Kampoeng Heritage Kajoetangan is very diverse, this makes the area visited by many tourists. Seeing such great enthusiasm encouraged Kampoeng Heritage Kajoetangan to develop its creative economy. Apart from increasing income for local communities, this activity can also be a forum for developing local culture. The aim of this research is to describe the forms of local community participation in creative economic development, to describe the creative economic development model in Kampoeng Heritage Kajoetangan, and to determine the factors inhibiting local community participation. The type of research used is descriptive qualitative. The research results obtained are that of the five forms of local community participation consisting of thought participation, labor participation, skills participation, goods participation and money participation, there are only two forms of participation that have been implemented by local communities, both creative economic actors and not, namely labor participation and participation in expertise. In participating, the obstacles felt by local communities are related to funding and also the lack of role of Pokdarwis in promoting the creative products they make. Meanwhile, of the five creative economy development models in Kajoetangan which consist of industry, technology, resources, institutions and financial intermediaries, only four development models have been implemented, namely industry, technology, resources and institutions. The conclusion of this research is that not all forms of community participation and creative economic development models have been fulfilled and there are still internal and external inhibiting factors for local communities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030927
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Ekonomi Kreatif, Kampoeng Heritage Kajoetangan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:46
Last Modified: 28 Mar 2024 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217599
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shinta Devi Permata Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item