Analisis Tipologi Inovasi Program BREXIT dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik bagi Disabilitas Netra di Puskesmas Janti Kota Malang

Beribe, Gratio Ignatius Sani and Mochammad Alexander Mujiburrohman, S.IP., M.IP (2023) Analisis Tipologi Inovasi Program BREXIT dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik bagi Disabilitas Netra di Puskesmas Janti Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis tipologi inovasi program BREXIT di Puskesmas Janti Kota Malang dalam melaksanakan pelayanan publik bagi disabilitas netra. Untuk menciptakan pelayanan yang adil bagi warga negara disabilitas dan non-disabilitas, maka pemerintah perlu melakukan terobosan atau inovasi guna mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan khusus disabilitas. Hal ini juga dihadapi oleh Puskesmas Janti Kota Malang yang mempunyai tanggungan warga disabilitas netra yang banyak di wilayah kerjanya. Maka dari itu, muncul inovasi BREXIT (Braille E-ticket and Extraordinary Access for Visual Disabilities). Inovasi ini perlu disebarluaskan sehingga memerlukan analisis terhadap tipologi atau bentuk-bentuk inovasi. Penelitian ini menggunakan teori Tipologi Inovasi Sektor Publik milik Mulgan dan Albury dalam menganalisis inovasi BREXIT. Mulgan dan Albury membagi inovasi menjadi lima tipe yaitu Inovasi Produk Pelayanan, Inovasi Proses Pelayanan, Inovasi Metode Pelayanan, Inovasi Kebijakan, dan Inovasi Sistem. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi BREXIT telah memenuhi semua kriteria dari tipe inovasi produk pelayanan, inovasi proses pelayanan, inovasi metode pelayanan, dan inovasi sistem. Namun, untuk tipe inovasi kebijakan terdapat satu kriteria yang tidak terpenuhi yaitu perubahan tujuan atau visi dan misi. Hasil analisis juga menunjukan jika masing-masing tipe inovasi saling mendorong tipe inovasi lainnya.

English Abstract

This research aims to analyze the innovation typology of the BREXIT program at the Janti Community Health Center in Malang City in implementing public services for the visually impaired. To create fair services for disabled and non-disabled citizens, the government needs to make breakthroughs or innovations to accommodate the special needs of disabled people. This is also faced by the Janti Community Health Center, Malang City which has many dependents of visual disability in its working area. Therefore, the innovation BREXIT (Braille E-ticket and Extraordinary Access for Visual Disabilities) emerged. This innovation needs to be disseminated widely, so it requires analysis of typologies or forms of innovation. Researchers use Mulgan and Albury's Public Sector Innovation Typology theory in analyzing BREXIT innovation. Mulgan and Albury divide innovation into five types, namely Service Product Innovation, Service Process Innovation, Service Method Innovation, Policy Innovation, and System Innovation. The type of research used is qualitative with data collection techniques, namely interviews, observation and documentation. The research results show that BREXIT innovation has met all the criteria for the type of service product innovation, service process innovation, service method innovation, and system innovation. However, for this type of policy innovation there is one criterion that is not met, namely changes in goals or vision and mission. The results of the analysis also show that each type of innovation encourages other types of innovation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523110017
Uncontrolled Keywords: Tipologi Inovasi, Pelayanan Publik, Disabilitas Netra, BREXIT-Innovation Typology, Public Services, Visual Disabilities, BREXIT
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 26 Mar 2024 01:23
Last Modified: 26 Mar 2024 01:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217598
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gratio Ignatius Sani Beribe.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item