Hubungan antara Fear of Missing Out dengan Impulsive Buying Merchandise Kpop pada Penggemar Kpop

Scho, Angelique Riris and Ulifa Rahma, S.Psi., M.Psi (2023) Hubungan antara Fear of Missing Out dengan Impulsive Buying Merchandise Kpop pada Penggemar Kpop. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggemar Kpop memiliki kebiasaan membeli merchandise dari grup idola yang mereka sukai dan dapat menjadi impulsif jika dilakukan secara terus menerus. Merchandise Kpop yang sering dibeli oleh penggemar Kpop adalah album, photocard, light stick, dan merchandise lainnya. Penggemar Kpop cenderung secara impulsif melakukan pembelian secara spontan atas merchandise yang mencuri perhatiannya mengikuti supaya tidak tertinggal dan kehabisan merchandise milik idolanya. Individu yang mengalami FoMO cenderung membeli produk tanpa mempertimbangkan faktor-faktor seperti harga, kualitas serta mereka lebih fokus agar tidak ketinggalan dari lingkungan sosial mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fear of missing out dengan impulsive buying merchandise Kpop pada penggemar Kpop. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, dimana subjek dalam penelitian ini merupakan penggemar Kpop yang gemar mengoleksi dan membeli merchandise Kpop dan responden berjumlah 105 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria penggemar Kpop berusia 18-34 tahun yang menyukai atau mengidolakan grup atau artis Kpop selama setahun dan gemar mengoleksi dan membeli merchandise Kpop minimal 3x. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi pearson product moment dan mendapatkan hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara fear of missing out dengan impulsive buying merchandise Kpop pada penggemar Kpop.

English Abstract

Kpop fans have a habit of buying merchandise from the idol groups they like and can become impulsive if done continuously. Kpop merchandise that is often bought by Kpop fans is albums, photocards, light sticks and other merchandise. Kpop fans tend to impulsively make spontaneous purchases of merchandise that grabs their attention so they don't get left behind and run out of their idol's merchandise. Individuals who experience FoMO tend to buy products without considering factors such as price, quality and they are more focused on not being left behind by their social environment. This research aims to determine the relationship between fear of missing out and impulsive buying of Kpop merchandise among Kpop fans. This research is a correlational quantitative research, where the subjects in this research are Kpop fans who like to collect and buy Kpop merchandise and the respondents are 105 people using purposive sampling techniques with the criteria of Kpop fans aged 18-34 years who like or idolize Kpop groups or artists for a long time. a year and likes collecting and buying Kpop merchandise at least 3x. Hypothesis testing in this study used the Pearson product moment correlation test and obtained the results that there was a significant positive relationship between fear of missing out and impulsive buying of Kpop merchandise among Kpop fans

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523110005
Uncontrolled Keywords: Fear of Missing Out, Impulsive Buying, Merchandise Kpop-Fear of Missing Out, Impulsive Buying, Merchandise Kpop
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 26 Mar 2024 00:21
Last Modified: 26 Mar 2024 00:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217583
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Angelique Riris Scho.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item