Pengaruh Preheating Cetakan Terhadap Fluiditas dan Ketangguhan Dalam Recast Piston Ditambahkan Cu Pada Handle Rem

Yudha, Egi Alfirza and Prof. Dr. Ir. Wahyono Suprapto, MT.Met. and Moch. Syamsul Ma’arif, ST., MT. (2024) Pengaruh Preheating Cetakan Terhadap Fluiditas dan Ketangguhan Dalam Recast Piston Ditambahkan Cu Pada Handle Rem. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Handle rem atau yang biasa disebut tuas rem adalah salah satu bagian dari sepeda motor yang memiliki fungsi sangat vital, di mana tuas rem sendiri berfungsi sebagai mekanisme awal pengereman untuk menurunkan kecepatan kendaraan. Namun, letaknya yang berada di bagian depan tuas kemudi dan sering kali tidak ada pelindung yang menutupinya menyebabkan tuas rem sendiri akan rentan rusak saat motor mengalami kecelakaan ataupun terjatuh.Maka dari itu diperlukan tuas rem dengan kualitas yang baik sehingga tidak mudah rusak ketika menerima beban secara tiba-tiba. Proses daur ulang aluminium dilakukan dengan melebur kembali aluminium yang tak terpakai maupun yang berasal dari limbah pabrik. Proses yang disebut pengecoran daur ulang ini dilakukan dengan memadukan alumunium dengan unsur lain untuk memunculkan sifat mekanik produk yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu produk yang diproduksi dengan proses pengecoran daur ulang alumunium adalah handle rem dengan menggunakan bahan baku piston bekas dengan menambahkan unsur tembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari temperatur preheating cetakan terhadap fluiditas dan ketangguhan pada handle rem dengan material yang digunakan yakni paduan aluminium yang ditambahkan 4% Cu. Handle rem dibuat menggunakan cetakan permanen dengan cara menuangkan piston bekas yang telah dilebur dan ditambahkan tembaga ke dalam cetakan yang telah dilakukan pemanasan hingga logam cair mengalami solidifikasi. Suhu preheating yang dipakai pada cetakan coran adalah 150°C, 200°C, 250°C, dan 300°C. Penuangan logam cair dilakukan pada suhu 750℃. Pengujian yang dilakukan pada spesimen hasil coran adalah pengujian fluiditas dengan metode strip mold dan pengujian ketangguhan dengan menggunakan metode uji kejut charpy sesuai standar ASTM E 23. Selain itu untuk pengujian produk Handle rem dilakukan menggunakan pengujian hempas dengan memodifikasi alat pengujian kejut standar. Dari penelitian ini didapat nilai fluiditas pada spesimen Al-Si-Cu yang dilakukan preheating cetakan 150°C memiliki nilai fluiditas terpanjang sebesar 72 mm pada ukuran strip 1,80 mm dan pada spesimen Al-Si-Cu yang di preheating cetakan 300°C memiliki nilai fluiditas terpanjang 139 mm pada ukuran strip 1,80 mm. Pada spesimen Al-Si-Cu yang di preheating cetakan dengan temperatur 150°C didapatkan nilai ketangguhan sebesar 1,433 Joule, sedangkan ketangguhan pada temperatur preheating cetakan 300°C, didapatkan nilai 4,433 Joule. Dalam pengujian hempas (field test) diperoleh hasil handle rem mampu menahan sebanyak 12 kali hempasan pada suhu preheating 150°C dan 38 kali hempasan pada suhu preheating 300°C. Hasil dari penelitian menunjukan semakin tinggi suhu preheating cetakan meningkatkan nilai fluiditas dan ketangguhan. Sebagai data pendukung, semakin tinggi temperatur preheating cetakan, maka semakin banyak hempasan yang dibutuhkan untuk mematahkan spesimen handle rem.

English Abstract

The brake handle or commonly called the brake lever is one part of a motorcycle that has a very vital function, where the brake lever itself functions as the initial braking mechanism to reduce vehicle speed. However, its location at the front of the steering lever and often there is no protection covering it causes the brake lever itself to be vulnerable to damage when the motorcycle has an accident or falls. Therefore, a brake lever with good quality is needed so that it is not easily damaged when receiving a sudden load. The aluminum recycling process is carried out by re-melting unused aluminum or that comes from factory waste. This process, called recycled casting, is carried out by combining aluminum with other elements to bring out the mechanical properties of the product as needed. One of the products produced by the aluminum recycling casting process is a brake handle using used piston raw materials by adding copper elements. This study aims to determine the effect of mold preheating temperature on fluidity and toughness in brake handles with the material used, namely aluminum alloy added 4% Cu. The brake handle is made using a permanent mold by pouring used pistons that have been melted and added copper into a mold that has been heated until the liquid metal solidifies. The preheating temperatures used in the castings were 150°C, 200°C, 250°C, and 300°C. Pouring of liquid metal is done at 750℃. Tests carried out on the cast specimens were fluidity testing using the strip mold method and toughness testing using the charpy shock test method according to ASTM E 23 standards. In addition, testing of the brake handle product was carried out using impact testing by modifying the standard shock testing tool. From this research, it is obtained that the fluidity value in the Al-Si-Cu specimen preheating the 150 ° C mold has the longest fluidity value of 72 mm at a strip size of 1.80 mm and in the Al-Si-Cu specimen preheating the 300 ° C mold has the longest fluidity value of 139 mm at a strip size of 1.80 mm. In Al-Si-Cu specimens in preheating molds with a temperature of 150 ° C, a toughness value of 1.433 Joules is obtained, while toughness at a mold preheating temperature of 300 ° C, a value of 4.433 Joules is obtained. In the field test, the brake handle was able to withstand 12 blows at a preheating temperature of 150°C and 38 blows at a preheating temperature of 300°C. The results showed that the higher the mold preheating temperature increased the fluidity and toughness values. As supporting data, the higher the mold preheating temperature, the more impact required to break the brake handle specimen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524070100
Uncontrolled Keywords: Daur Ulang Logam, Paduan Al-Si-Cu, Handle Rem, Fluiditas, Ketangguhan.Metal Recycle, Al-Si-Cu Alloy, Handle Brake, Fluidity, Toughness.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:57
Last Modified: 23 Apr 2024 04:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217522
[thumbnail of Pemodelan Wflow Untuk Perkiraan Inflow Guna Menunjang Kegiatan Alokasi Air Waduk Wonogiri.] Text (Pemodelan Wflow Untuk Perkiraan Inflow Guna Menunjang Kegiatan Alokasi Air Waduk Wonogiri.)
Egi Alfirza Yudha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item