Perancangan User Experience Aplikasi Berbasis Mobile Pada Kiara Coffee dengan Metode Design Thinking

Fauzan, Muhammad Fardan and Hanifah Muslimah Az-zahra, S.Sn., M.Ds and Niken Hendrakusma Wardani, S.kom., M.Kom. (2024) Perancangan User Experience Aplikasi Berbasis Mobile Pada Kiara Coffee dengan Metode Design Thinking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kiara Coffee merupakan kedai kopi yang didirikan sejak Tahun 2016 yang berlokasi di Ciceri, Kota Serang. Pemilik Kiara Coffee menyatakan bahwa terdapat permasalahan yang dialami perusahan serta keinginan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengoptimalkan pelayanan bisnisnya. Berdasarkan pernyataan tersebut mendorong peneliti untuk melakukan perancangan sistem yang dapat menjawab permasalahan serta keinginan perusahaan untuk melakukan optimalisasi pelayanan. Perancagan user experience aplikasi berbasis mobile bagi Kiara Coffee menggunakan metode design thinking ditentukan sebagai solusi dari permasalahan yang dialami oleh perusahaan dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Metode design thinking digunakan dalam penelitian ini untuk dapat memberikan solusi yang inovatif dan efektif dengan cara memahami kebutuhan, keinginan, serta harapan dari calon pengguna akhir terhadap produk yang ingin dirancang. Wawancara dilakukan kepada empat responden yang merupakan pelanggan yang pernah berkunjung ke Kiara Coffee untuk menggali permasalahan yang dialami serta mengetahui keinginan serta kebutuhan mereka. Hasil dari wawancara tersebut selanjutnya dilakukan analisis untuk menentukan solusi yang digambarkan melalui empathy map, user persona, dan problem statement. Selanjutnya dilakukan penggambaran pemodelan proses bisnis untuk mengetahui bagaimana proses bisnis yang saat ini digunakan pada perusahaan dan akan menjadi gambaran untuk solusi yang akan dirancang. Kemudian dilakukan perancangan desain solusi dengan dua bentuk yaitu wireframe dan high-fidelity prototype. Selanjutnya, pengujian menggunakan usability testing dengan melibatkan lima partisipan yang terbagi menjadi dua tahap. Tahap I dilakukan pada wireframe dengan mengambil data tingkat keberhasilan penyelesaian tugas dan umpan balik partisipan yang digunakan sebagai acuan dalam proses perancangan berikutnya, tahap II dilakukan pada high-fidelity prototype dengan mengambil data tingkat keberhasilan penyelesaian tugas, umpan balik, dan kuesioner system usability scale (SUS) sebagai instrumen kelayakan produk bagi pengguna. Hasil dari kuesioner SUS menunjukan bahwa high-fidelity prototype mendapatkan nilai rata-rata 78,5. Alhasil dapat disimpulkan bahwa rancangan desain solusi ini masuk dalam kategori layak dan dapat diterima oleh pengguna.

English Abstract

Kiara Coffee is a coffee shop established since 2016, located in Ciceri, Serang City. The owner of Kiara Coffee has identified certain challenges faced by the company and expressed a desire to leverage technological advancements to optimize business services. Based on these statements, the researcher was compelled to design a system that could address the company's issues and fulfill its aspiration for service optimization. The design of a mobile application user experience for Kiara Coffee using the design thinking method was chosen as the solution to the identified challenges, aligning with user needs. Design thinking was chosen for its ability to make innovative and effective solutions by understanding the needs, wants, and expectations of end-users. Interviews were conducted with four respondents who were customers that had visited Kiara Coffee, aiming to explore the challenges faced and understand their desires and needs. The interview results were then analyzed to determine solutions, which were portrayed through an empathy map, user persona, and problem statement. Subsequently, business process modeling was carried out to comprehend the current business processes used by the company and serve as a foundation for the designed solution. The design solution was then created in two forms: wireframes and high-fidelity prototypes. Usability testing involved five partisipant consists of two stages: the first phase on wireframes to assess task completion rates and collect participant feedback, which guides subsequent design process. The second phase on the high-fidelity prototype collecting data of task completion rates, partisipant feedback, and System Usability Scale (SUS) questionnaire with a purpose of evaluates usability of design solution. The SUS questionnaire yields an average score of 78.5, indicating that the high-fidelity prototype was considered acceptable and feasible by users. In conclusion, this design solution belongs to the category of a viable product and acceptable to the users.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150228
Uncontrolled Keywords: aplikasi mobile, user experience, design thinking, wireframe, high-fidelity prototype, usability testing, system usability scale.mobile application, user experience, design thinking, wireframe, high-fidelity prototype, usability testing, system usability scale.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:56
Last Modified: 23 Apr 2024 04:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217508
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Fardan Fauzan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item