Azzahra, Hafia and Hanifah Muslimah Az-zahra, S.Sn., M.Ds and Yusi Tyroni Mursityo,, S.Kom.,M.AB. (2024) Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Sistem Persetujuan Colocation Application Form (CAF) Menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: PT Tower XYZ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT Tower XYZ merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan sistem informasi dalam menjalankan proses bisnisnya. Perusahaan ini bergerak dalam bisnis jasa penyedia layanan tower telekomunikasi. Sistem informasi utamanya yaitu TowerSys terbagi menjadi TowerSys v.1 dan TowerSys v.2. Dalam TowerSys v.1 terdapat sebuah modul yang bernama Colocation Application Form (CAF) yang digunakan untuk proses persetujuan CAF. Berdasarkan hasil diskusi dengan stakeholder PT Tower XYZ, didapatkan informasi bahwa modul CAF di TowerSys v.1 belum pernah dievaluasi dari sisi usability dan membutuhkan pembaharuan dikarenakan memiliki permasalahan usability pada sistem yang mempengaruhi performa proses CAF. Oleh karena itu, performa CAF perlu ditingkatkan dengan memperbaiki desain antarmuka sistem sesuai dengan kebutuhan stakeholder dan user. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi modul CAF saat ini dengan metode Usability Testing untuk mendapatkan nilai usability dan pendekatan Human Centered Design (HCD) untuk dapat menghasilkan solusi desain perbaikan antarmuka pengguna yang tepat. Aspek usability yang diukur pada penelitian ini adalah efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi awal mendapatkan nilai efektivitas sebesar 93,3%, nilai efisiensi sebesar 89,76%, dan nilai kepuasan pengguna dengan skor SUS sebesar 38,5. HCD digunakan untuk mengetahui permasalahan pada sistem dengan memusatkan perhatian pada pengguna dan menghasilkan rekomendasi perbaikan desain pada rancangan desain antarmuka pengguna. Rancangan yang dihasilkan pada penelitian ini berupa wireframe dan high-fidelity prototype. Setelah dilakukan perbaikan desain antarmuka pengguna, maka dilakukan evaluasi kembali terhadap solusi desain yang menunjukkan peningkatan nilai untuk seluruh aspek usability dengan nilai efektivitas sebesar 100%, nilai efisiensi sebesar 100%, dan nilai kepuasan pengguna dengan skor SUS sebesar 85.
English Abstract
PT Tower XYZ is a company that uses information systems to carry out its business processes. This company is engaged in the telecommunications tower service provider business. The main information system, namely TowerSys, is divided into TowerSys v.1 and TowerSys v.2. In TowerSys v.1 there is a module called Colocation Application Form (CAF) which is used for the CAF approval process. Based on the discussions with PT Tower XYZ stakeholders it is known that the CAF module in TowerSys v.1 has never been evaluated in terms of usability and needed updating because it has usability problems in the system which affected the performance of the CAF process. Therefore, the CAF performance needs to be improved by improving the system user interface design according to stakeholder and user’s needs. This research aims to evaluate the current CAF module using the Usability Testing method to obtain usability values and the Human Centered Design (HCD) approach to produce appropriate user interface improvement design solutions. The usability aspects measured in this research are effectiveness, efficiency and user satisfaction using the System Usability Scale (SUS). The initial evaluation results obtained an effectiveness value of 93.3%, an efficiency value of 89.76%, and a user satisfaction value with a SUS score of 38.5. HCD is used to find out problems in the system by focusing on the user and producing recommendations for the improvements of the user interface design. The designs produced in this research are in the form of wireframes and high-fidelity prototypes. After improving the user interface design, a re-evaluation of the design solution was carried out which showed an increase in scores for all aspects of usability with an effectiveness score of 100%, an efficiency score of 100%, and a user satisfaction score with a SUS score of 85.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150225 |
Uncontrolled Keywords: | User Interface, Perbaikan Antarmuka Pengguna, Human-Centered Design (HCD), Usability, Usability Testing, System Usability Scale.User Interface, User Interface Improvements, Human-Centered Design (HCD), Usability, Usability Testing, System Usability Scale. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 04:56 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 04:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217505 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hafia Azzahra.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |