Evaluasi dan Perbaikan Desain Interaksi dan Antarmuka Pengguna Aplikasi Skrining Covid-19 dengan Kerangka Human Centered Design: Kasus Areema di kabupaten Malang

Putra, Daffa Rayhandi and Ismiarta Aknuranda, S.T., M.Sc., Ph.D (2024) Evaluasi dan Perbaikan Desain Interaksi dan Antarmuka Pengguna Aplikasi Skrining Covid-19 dengan Kerangka Human Centered Design: Kasus Areema di kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Covid-19 memang telah mereda, tetapi terdapat gejala Long Covid dan kebutuhan untuk memantau warga yang mendapatkan gejala Long Covid dan memiliki penyakit penyerta. Inilah mengapa aplikasi Areema dibuat. Areema merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan deteksi dini Covid-19 pada masyarakat. Aplikasi ini digunakan oleh kader kesehatan, dokter, dan perawat dengan perannya masing-masing. Aplikasi Areema sendiri merupakan aplikasi yang saat ini sedang dikembangkan dan belum ada dokumentasi terkait evaluasi desain antarmuka pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) dalam perancangannya. Dalam penelitian ini dilakukan evaluasi dan pembuatan desain perbaikan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pada penelitian ini dilakukan pengujian usability kepada 16 responden yang menghasilkan hasil Pada desain perbaikan untuk kader, didapatkan skor efektivitas 94%. Skor aspek efisiensi sebesar 85% dan rata-rata skor SUS adalah sebesar 85,5. Pada desain perbaikan untuk dokter/nakes, didapatkan skor efektivitas 96%. Skor aspek efisiensi sebesar 97% dan rata-rata skor SUS adalah sebesar 83. Pada desain perbaikan untuk admin, didapatkan skor efektivitas 100%. Skor aspek efisiensi sebesar 100% dan rata-rata skor SUS adalah sebesar 80. Seluruh hasil pengujian dan feedback yang didapatkan dijadikan dasar untuk perbaikan selanjutnya.

English Abstract

Covid-19 may have subsided, but there are cases of Long Covid and the need to monitor individuals experiencing Long Covid symptoms, especially those with underlying conditions. This is why the Areema app was created. Areema is an application used for early detection of Covid-19 in the community. The app is utilized by health cadres, doctors, and nurses, each with their specific roles. Areema itself is still under development and lacks documentation regarding user interface evaluation. This research adopts a Human-Centered Design (HCD) approach in its development. It involves the evaluation and creation of design improvements tailored to user needs. The study conducted usability testing with 16 respondents, yielding the following results: For the improved design targeting health cadres, an effectiveness score of 94% was obtained. The efficiency aspect scored 85%, with an average SUS score of 85.5. For the improved design catering to doctors/nurses, an effectiveness score of 96% was achieved. The efficiency aspect scored 97%, with an average SUS score of 83. For the improved design intended for administrators, a 100% effectiveness score was attained. The efficiency aspect scored 100%, with an average SUS score of 80. All testing results and feedback gathered serve as the foundation for further improvements.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150223
Uncontrolled Keywords: long covid, evaluasi dan perbaikan desain interaksi dan antarmuka, usability testing, skrining, system usability scale-Long Covid, evaluation and improvement of interaction design and interface, usability testing, screening, System Usability Scale.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:31
Last Modified: 22 Apr 2024 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217488
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Daffa Rayhandi Putra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item