Pengaruh Viral Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Dampaknya pada Minat Beli (Survei pada Viewer Instagram @depot2legenda)

Pangestu, Langit Adi and Saiful Rahman Yuniarto, S.Sos. MAB. (2024) Pengaruh Viral Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen dan Dampaknya pada Minat Beli (Survei pada Viewer Instagram @depot2legenda). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pengaruh Viral Marketing terhadap Minat Beli, Viral Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen, mengkaji pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli. Metode Penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada 3, yaitu Viral Marketing (X), Kepercayaan Konsumen (Z), dan Minat beli (Y). Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling rumus Hair at. al. dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 178. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form pada viewer media sosial Intagram Depot2Legenda yang berusia 18-34 tahun. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas dan heteroskedastisitas), path analysis dan sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh 1) Viral Marketing secara positif dan signifikan mempengaruhi Minat Beli, ditunjukkan oleh tingkat setuju yang tinggi dari responden terhadap konten viral produk @Depot2Legenda, terutama terkait ketertarikan untuk membeli dan merekomendasikan produk; 2) Pengaruh secara positif dan signifikan juga terjadi antara Viral Marketing terhadap Kepercayan Konsumen, dengan mayoritas responden menyatakan setuju terhadap efektivitas strategi ini, khususnya melalui aspek sukarela menyebarkan informasi dan insentif; 3) Kepercayaan Konsumen memiliki dampak secara positif dan signifikan terhadap Minat Beli, terutama melalui pelayanan yang baik serta meningkatkan interaksi positif dengan calon pembeli; dan mengetahui hasil yang tidak dihipotesiskan yakni pengaruh tidak langsung bahwa 4) Terdapat peran krusial Kepercayaan Konsumen dalam memperkuat dan memediasi hubungan antara Viral Marketing dan Minat Beli memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan Minat Beli

English Abstract

This research aims to examine the influence of Viral Marketing on Consumer Trust, the influence of Viral Marketing on Purchase Intention, and to investigate the impact of Consumer Trust on Purchase Intention. The research method used is explanatory research with a quantitative approach. There are three variables used in this study, namely Viral Marketing (X), Consumer Trust (Z), and Purchase Intention (Y). The sampling technique used is purposive sampling with the formula by Hair et al., with a total sample size of 178. Data collection was done through the online distribution of questionnaires using Google Forms on the social media platform Instagram, targeting individuals aged 18-34 who follow Depot2Legenda. The data analysis includes descriptive analysis, classical assumption tests (normality, multicollinearity, and heteroskedasticity), path analysis, and Sobel test. The research results show that there is a positive and significant influence: 1) Viral Marketing on Purchase Intention, as evidenced by the high level of respondents' approval of the viral content of @Depot2Legenda products, especially in terms of interest in purchasing and recommending the product; 2) A positive and significant influence also occurs between Viral Marketing and Consumer Trust, with the majority of respondents agreeing with the effectiveness of this strategy, especially through the voluntary dissemination of information and incentives; 3) Consumer Trust has a positive and significant effect on Purchase Intentions, particularly through excellent service and increased positive interactions with potential buyers. Additionally, unexpected results are noted: 4) the important role of Consumer Trust in strengthening and mediating the relationship between Viral Marketing and Purchase Intention, contributing significantly to the increase in Purchase Intentions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030082
Uncontrolled Keywords: Viral Marketing, Kepercayaan Konsumen, Minat Beli.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:31
Last Modified: 25 Mar 2024 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217465
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Langit Adi Pangestu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Actions (login required)

View Item View Item