Rancangan dan Penerapan Temu Kembali Bahan Pustaka dengan Model Pengklasifikasian Berbasis Warna di Perpustakaan SD Negeri Mojolangu 1 Malang

Amalia, Tania Nur Azizah and Tri Mega Asri, S.Sos., M.I.Kom (2023) Rancangan dan Penerapan Temu Kembali Bahan Pustaka dengan Model Pengklasifikasian Berbasis Warna di Perpustakaan SD Negeri Mojolangu 1 Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Temu kembali bahan pustaka dengan pengklasifikasian berbasis warna di SD Negeri Mojolangu 1 Malang bertujuan untuk mempermudah kegiatan pemustaka terutama siswa dalam temu kembali bahan pustaka melalui pengklasifikasian warna yang mudah dimengerti oleh siswa. Dengan keterbatasan SDM pengelola perpustakaan serta sarana prasarana, kegiatan temu kembali secara mandiri oleh siswa diperlukan dalam keberlangsungan perpustakaan. Dalam penyelesaian masalah ini menggunakan jenis metode penyelesaian berupa tindakan atau action research dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil kegiatan diketahui bahwa dalam mencapai proses temu kembali bagi siswa diperlukan pengklasifikasian yang mudah dikenali oleh siswa seperti dengan menggunakan unsur warna dengan label penanda. Terdapat beberapa proses yang dilakukan dalam pengolahan mulai dari pengelompokkan bahan pustaka berdasarkan jenis klasifikasi buku, inventaris bahan pustaka, pemberian label warna, dan penataan buku ke dalam lemari penyimpanan sesuai petunjuk keterangan label warna penunjuk atau shelving.

English Abstract

Retrieval of library materials with color-based classification at SD Negeri Mojolangu 1 Malang aims to facilitate the activities of users, especially students, in retrieving library materials through color classification that is easy for students to understand. With limited human resources managing the library and infrastructure, independent retrieval activities by students are necessary for the sustainability of the library. In solving this problem using the type of settlement method in the form of action or action research with a qualitative approach. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. From the results of the activity it is known that in achieving the retrieval process for students it is necessary to classify easily recognized by students such as by using color elements with marker labels. There are several processes carried out in processing, starting from grouping library materials based on the type of book classification, inventory of library materials, color labeling, and arranging books into storage cabinets according to the instructions for indicating color labels or shelving.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170465
Uncontrolled Keywords: Color Classification, Retrieval, Elementary School Libraries-Pengklasifikasian Warna, Temu Kembali, Perpustakaan Sekolah Dasar
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:13
Last Modified: 22 Mar 2024 01:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217437
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tania Nur Azizah Amalia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item