Rancang Bangun Website Pendaftaran Pasien di Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo

Yakub, Slamet Mochamad and Ir. I Dewa Made Widia, MT (2023) Rancang Bangun Website Pendaftaran Pasien di Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era digitaliasi ini, sektor kesehatan juga mengalami perubahan salah satunya ialah layanan fasilitas kesehatan yang ada, baik di tingkat swasta maupun tingkat negeri. Salah satu di bidang pelayanan kesehatan yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk mempermudah pekerjaan yaitu di tingkat puskesmas. Puskesmas Tarik merupakan puskesmas yang terletak di kabupaten Sidoarjo, memiliki jangkauan kerja meliputi 20 Desa dan jumlah penduduk sekitar 69.189 jiwa. Oleh sebab itu, proses pendaftaran pasien juga menjadi salah satu faktor penting dalam melakukan pelayanan kesehatan. Saat ini pasien yang akan melakukan layanan kesehatan di puskesmas Tarik masih harus mengantri dengan durasi waktu lebih dari 10 menit, sedangkan menurut SOP dari puskesmas itu sendiri hanya 5 – 10 menit. Berdasarkan hal tersebut, puskesmas Tarik membutuhkan sistem pendaftaran pasien yang berbasis website untuk mengoptimalkan proses layanan kesehatan. Sistem pendaftaran pasien ini akan digunakan oleh petugas puskesmas dan pasien yang akan melakukan layanan kesehatan. Dimana admin dapat melihat, mengatur dan mereset data dari pasien yang telah mendaftarkan diri untuk melakukan proses layanan kesehatan, sedangkan pasien akan mendapatkan nomor antrean berdasarkan poli yang dipilih.

English Abstract

In this era of digitalization, just like other sectors, the health sector is also experiencing changes, one of which is in the existing health facility services part, both at the private and state levels. One of the instances that utilizes advances in information technology to help easen the workload is in the Puskesmas level. Puskesmas Tarik is a health center located in Sidoarjo district, it has a working range covering twenty villages and a population of around 69,189 people. Therefore, the patient registration process is an important factor in providing health services. Currently, patients who needs health services at Puskesmas Tarik still have to queue for more than 10 minutes, whereas according to the SOP from the puskesmas itself it should only takes 5-10 minutes. Based on this, the Puskesmas Tarik needs a website-based patient registration system to optimize the health service process. The patient registration system will be used by health center staff and patients. The system's admin can view, manage and reset patients' data to carry out the registration process, while the patient will get a queue number based on the chosen polyclinic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170463
Uncontrolled Keywords: Puskesmas tarik, pendaftaran pasien, antrean-Puskesmas Tarik, register patient, queue
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:02
Last Modified: 22 Mar 2024 01:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217433
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Slamet Mochamad Yakub.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item