Pemanfaatan WhatsApp Business Sebagai Sistem Notifikasi Keterlambatan Pengembalian Buku (Studi Pada Perpustakaan Umum Daerah Kota Batu

Ningsih, Sabtia and Arwin Anindyka, S.AP., M.AP. (2023) Pemanfaatan WhatsApp Business Sebagai Sistem Notifikasi Keterlambatan Pengembalian Buku (Studi Pada Perpustakaan Umum Daerah Kota Batu. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu media sosial yang selalu mengalami peningkatan pengguna adalah WhatsApp dan WhatsApp Business adalah salah satu aplikasi dari WhatsApp yang sudah dikembangkan. WhatsApp Business adalah aplikasi untuk mengirim dan menerima informasi, mengirim gambar, mengirim video, panggilan telepon, panggilan video dan mengirim pesan. Namun, sebagai aplikasi untuk mengirim informasi, WhatsApp Business belum digunakan secara maksimal oleh Perpustakaan. Layanan sirkulasi yang terdapat di perpustakaan adalah peminjaman buku, pengembalian buku dan perpanjangan peminjaman buku. Terdapat sejumlah buku yang terlambat dan belum dikembalikan oleh pemustaka. Penyebab pemustaka terlambat dan belum mengembalikan buku adalah lupa untuk mengembalikan buku, buku yang masih dibaca, jarak antara perpustakaan dan rumah terlalu jauh, tidak sempat untuk mengembalikan buku dan kesulitan untuk perpanjangan online. Solusi Perpustakaan Kota Batu untuk menurunkan jumlah keterlambatan pengembalian buku yang belum kembali seperti memberi informasi terkait pengembalian buku saat melalukan peminjaman, memberikan informasi peminjaman di Instagram, perpanjangan online, memberikan struk sebagai pengingat tanggal pengembalian buku. Namum, solusi yang telah dilakukan belum cukup efektif untuk menurunkan jumlah keterlambatan pengembalian buku yang belum kembali. Berdasarkan permasalahan diatas, maka penullis tertarik untuk memanfaatkan WhatsApp Business sebagai media yang mengirimkan informasi. Perpustakaan Kota Batu perlu memanfaatkan WhatsApp Businness sebagai aplikasi untuk mengirim pesan sebagai notifikasi keterlambatan buku yang belum kembali dan mengirimkan informasi seputar Perpustakaan Kota Batu. Tujuannya adalah untuk menurunkan jumlah keterlambatan buku yang belum kembali dan pemustaka segera mengembalikan buku di Perpustakaan Kota Batu.

English Abstract

One of the social media that always experiences an increase in users is WhatsApp and WhatsApp Business is one of the applications from WhatsApp that has been developed. WhatsApp Business is an application for sending and receiving information, sending pictures, sending videos, phone calls, video calls and sending messages. However, as an application for sending information, WhatsApp Business has not been used optimally by Libraries. Circulation services in the library include borrowing books, returning books, and extending book loans. There are a number of books that are late and have not been returned by the user. The causes of users being late and not returning books are forgetting to return books, books that are still being read, the distance between the library and the house is too far, not having time to return books and difficulties for online extensions. Solutions for the Batu City Library to reduce the number of late returns for books that have not been returned, such as providing information regarding returning books when borrowing, providing borrowing information on Instagram, online renewal, providing a receipt as a reminder of the book's return date. However, the solutions that have been implemented have not been effective enough to reduce the number of late returns for books that have not been returned. Based on the problems above, the writer is interested in utilizing WhatsApp Business as a medium for sending information. The Batu City Library needs to utilize WhatsApp Business as an application to send messages as notifications of late books that have not been returned and to send information about the Batu City Library. The goal is to reduce the number of late books that have not been returned and users to immediately return books to the Batu City Library.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170460
Uncontrolled Keywords: WhatsApp Business, notifications, circulation services-WhatsApp Business, notifikasi, layanan sirkulasi
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Mar 2024 00:42
Last Modified: 22 Mar 2024 00:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217430
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sabtia Ningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item