Analisis Pengendalian Internal dalam Sistem Pengupahan Karyawan Casual Daily Worker dan Casual On Call pada Hotel Fairfield by Marriott Surabaya.

Efendy, Rizal Dwi and Pramadika Ramanda, ST., MAB (2023) Analisis Pengendalian Internal dalam Sistem Pengupahan Karyawan Casual Daily Worker dan Casual On Call pada Hotel Fairfield by Marriott Surabaya. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era perkembangan perekonomi dunia yang sangat pesat mendorong pelaku bisnis atau perusahaan berlomba-lomba menunjukkan kinerja perusahaan yang terbaik. Keberadaan sumber daya manusia sebagai faktor utama dalam kinerja perusahaan. Didalam perusahaan pasti tidak lepas dari karyawan karena karyawan memiliki peran penting dalam keberlangsungan aktivitas perusahaan sebagai roda penggerak operasional. Maka dari itu karyawan pastinya akan mendapat gaji dan upah sebagai imbalan atas pekerjaannya. Penyediaan upah yang kurang efektif dapat menimbulkan masalah bagi perusahaan. Untuk menghindari hal tersebut, diperlukan sebuah sistem pengendalian internal pengupahan karyawan guna menjamin pemenuhan hak-hak karyawan serta menjaga keberlangsungan hidup perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengendalian internal dalam sistem pengupahan karyawan casual daily worker dan casual on call pada perusahaan jasa di Hotel Fairfield by Marriott Surabaya. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dengan metode analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa fungsi - fungsi yang terkait dalam sistem pengupahan pada Hotel Fairfield by Marriott Surabaya telah sesuai dengan teori yang ada. Akan tetapi masih adanya perangkapan tugas. Misalnya pada fungsi pembuatan daftar upah dengan fungsi administrasi dimana kedua bagian tersebut dilakukan oleh satu orang yang sama, sehingga secara tidak langsung pekerjaan tersebut harus selesai secara bersamaan. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya penumpukan pekerjaaan pada satu bagian yang mempengaruhi kinerja tidak menjadi optimal atau kurang efektif dan juga bisa menjadi pemicu pemoloran upah yang akan diterima oleh karyawan casual karena belum selesainya proses administrasi pengupahan.

English Abstract

The current era of rapid world economic development encourages business people or companies to compete to show the best company performance. The existence of human resources as a major factor in company performance. In the company, of course, it cannot be separated from employees because employees have an important role in the sustainability of company activities as operational. Therefore, employees will certainly get salaries and payroll in return for their work. Ineffective payroll can cause problems for the company. To avoid this, an internal control system over employee payroll is needed to ensure the fulfillment of employee rights and maintain the company's survival. The purpose of this study was to determine the internal control management in the payroll system for daily casual employees and casual on call employees in service companies at Fairfield by Marriott Hotel Surabaya. The type of research that will be used in this research is descriptive research. The data analysis method that will be used in this research is qualitative analysis. Data collection techniques used in this research are interviews, observation and documentation. Based on the results of the study, it shows that the functions involved in the payroll system at Fairfield by Marriott Surabaya Hotel are in accordance with existing theory. However, there are still duplicate tasks. For example, in the function of making a payroll list with an administrative function where both parts are carried out by the same person, so that indirectly the work must be completed simultaneously. This results in a buildup of work in one of the sections which has an impact on performance that is not optimal or less effective and can also be a trigger for polishing the payroll that will be received by casual employees due to the unfinished payroll administration process.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170458
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Internal, Pengupahan, Karyawan Casual-Internal Control System, Payroll, Casual Employees
Divisions: Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Mar 2024 00:26
Last Modified: 22 Mar 2024 00:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217428
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizal Dwi Efendy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item