Zahira, Reza Hazimah and Asril Kurniadi, S.T., M.T. (2023) Penerapan Konsep “Creativity Place” Pada Redesain SMPN 25 Malang Untuk Menumbuhkan Kreativitas Siswa. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia sebagai negara berkembang masi berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Dalam hal ini satu solusi yang dapat memperbaikan Pendidikan di Indonesia ialah berfokus pada proses belajar mengajar. Dengan begitu diperlukan adanya pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan, yang diharapkan menciptakan suasana kelas lebih menarik, tidak monoton dan menantang bagi siswa (Nurhayati, 2017). Palaniappan (2006) berpendapat bahwa kreativitas sangat penting untuk dikembangkan, karena kreativitas dapat meningkatkan prestasi akademik. Artinya, peningkatan prestasi siswa tidak bisa begitu saja dilakukan melalui strategi proses pendidikan yang cenderung pada kecerdasan tetapi juga melalui strategi pembelajaran pada kreativitas (Saparahayuningsih, 2010). Dengan begitu perlu adanya peningkatan Pendidikan dapat dikembangkan melalui kreativitas anak, bagaimana cara bepikir luas dan menyelesaikan masalah yang ada, karena kreativitas adalah kemampuan berpikir sesuatu dengan cara yang baru dan tidak biasa dan menghasilkan sesuatu yang unik solusi atas berbagai masalah (Semiawan, 1999). Dengan begitu adanya redesain berkonsep “Creativiy Place” pada redesain interior SMPN 25 Malang, dapat menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan Pendidikan di Indonesia, karena menyediakan tempat pembelajaran yang aktif, menyenangkan dan tidak monoton, diharapkan hasil redesain ini dapat menumbuhkan kreativitas anak didik SMPN 25 Malang.
English Abstract
Indonesia as a developing country is still trying to improve the quality of education. In this case, one solution that can improve education in Indonesia is to focus on the teaching and learning process. For this reason, active, creative and fun learning is needed which is expected to create a more interesting class atmosphere, not monotonous and challenging for students (Nurhayati, 2017). Palaniappan (2006) argues that creativity is very important to develop, because creativity can improve academic achievement. That is, increasing student achievement can not only be done through educational process strategies that tend to be intelligent but also through learning strategies on creativity (Saparahayuningsih, 2010). Therefore it is necessary to increase education that can be developed through children's creativity, ways of thinking broadly and solving existing problems, because creativity is the ability to think of something in a new and unusual way and produce unique solutions to various problems (Semiawan, 1999). Thus the redesign with the concept of "Creativity Place" in the interior redesign of SMPN 25 Malang, can be a solution in improving education in Indonesia, because it provides an active, fun and not monotonous learning place. It is hoped that the results of this redesign can foster the creativity of SMPN 25 Miskin students.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170456 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Pembelajaran, Kreativitas, Redesain-Education, Learning, Creativity, Redesign |
Divisions: | Program Vokasi > D4 Desain Grafis |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 00:17 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 00:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217426 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Reza hazimah Zahira.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |