Perancangan Visual Trading Card Game Berdasarkan Fauna dan Flora Terancam Punah di Indonesia untuk Dewasa Muda Usia 18 sampai 25 Tahun

Megawati, Raidah Miranda and M.Arief Nazarudin, S.Sn.,M.Ds (2023) Perancangan Visual Trading Card Game Berdasarkan Fauna dan Flora Terancam Punah di Indonesia untuk Dewasa Muda Usia 18 sampai 25 Tahun. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menurut data IUCN Red List of Threatened Species tahun 2022, Indonesia menempati urutan keempat dalam hal spesies terancam punah. Faktor kepunahan flora fauna tersebut tidak hanya disebabkan oleh kerusakan alam, habitat mereka. Pengetahuan dan kesadaran masyarakat dirasa masih kurang. Akibatnya perburuan dan perdagangan illegal, serta kerusakan ekosistem akan terus dianggap sebelah mata. Media trading card game menjadi salah satu pilihan untuk mengedukasi masyarakat dewasa muda. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah rancangan trading card game dengan tema flora dan fauna terancam punah di Indonesia guna memberi edukasi masyarakat usia 18 sampai 25 tahun. Analisis data dilakukan dengan metode mix method. Metode kualitatif dilakukan untuk menyimpulkan data kuisioner dan angket, sedangkan metode deskriptif kualitatif dari Miles Huberman digunakan untuk menganalisis data kuisoner, wawancara, dan studi literatur. Didapatkan pengetahuan target audience melalui tes, menghasilkan bahwa kurangnya pengetahuan masyarakat dewasa muda usia 18-25 tahun sebanyak 30 responden. Tidak hanya spesies yang terancam punah, namun juga segala aspek yang berkaitan mulai dari penyebab dan upaya pencegahan, hingga perlindungan wilayah konservasi dan habitat spesies. Sehingga konten yang dimasukkan dalam kartu meliputi spesies yang terancam punah, status konservasi, wilayah konservasi, penyebab, dan langkah untuk mengatasinya. Perancangan TCG dilakukan dengan menggunakan metode perancangan design thinking. Empathize dan define merupakan proses analisis data menghasilkan apa yang dibutuhkan dalam perancangan, ideate adalah proses sketsa konsep kartu, prototype adalah proses finalisasi kartu dan media pendukungnya, serta test adalah proses tes permainan apakah tcg ini dapat dimaikan atau tidak. Tes dilakukan dengan dua tahap yaitu tes produk oleh penulis dan tes kelayakan oleh target audience. Dari tes tersebut diperoleh data dan disimpulkan bahwa kualifikasi kelayakan isi dan produk dari perancangan TCG GUARDIANS dinyatakan layak.

English Abstract

According to data from the IUCN Red List of Threatened Species for 2022, Indonesia ranks fourth in terms of endangered species. The extinction of flora and fauna is not only caused by damage to nature, their habitat. Public knowledge and awareness is still lacking. As a result, illegal hunting and trade, as well as damage to ecosystems, will continue to be underestimated. Trading card game media is one of the options for educating young adults. So the purpose of this research is to produce a trading card game design with the theme of endangered flora and fauna in Indonesia to educate people aged 18 to 25 years. Data analysis was carried out using the mixed method. Qualitative methods were used to conclude questionnaire and questionnaire data, while descriptive qualitative methods from Miles Huberman were used to analyze questionnaire data, interviews and literature studies. Obtained knowledge of the target audience through tests, resulting in a lack of knowledge of young adults aged 18-25 years as many as 30 respondents. Not only species are threatened with extinction, but also all related aspects, starting from the causes and prevention efforts, to the protection of conservation areas and species habitats. So that the content included in the card includes endangered species, conservation status, conservation areas, causes, and steps to overcome them. TCG design is carried out using the design thinking design method. Empathize and define are data analysis processes to produce what is needed in the design, ideate is the process of sketching the card concept, prototype is the process of finalizing the card and its supporting media, and test is the process of testing the game whether this tcg can be played or not. The test is carried out in two stages, namely a product test by the author and a feasibility test by the target audience. Data were obtained from these tests and it was concluded that the eligibility qualifications for the contents and products of the TCG GUARDIANS design were declared feasible.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170455
Uncontrolled Keywords: Flora fauna terancam punah, trading card game, dewasa muda-endangered flora and fauna, trading card game, young adults
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 22 Mar 2024 00:13
Last Modified: 22 Mar 2024 00:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217425
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Raidah Miranda Megawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item