Sari, Karina Cahyani Puspita and Firda Hidayati, S.Sos, MPA, DPA and Nurjati Widodo S.AP., M.AP., S.AP., M.AP. (2024) Pemberdayaan Masyarakat Lokal Melalui Program Inklusi Sosial Perpustakaan (Studi pada Perpustakaan Umum Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perpustakaan wajib memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan keterampilan yang bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat guna memperkuat peran dan fungsi perpustakaan sebagai wahana pembelajaran sepanjang hayat. Hal tersebut dapat terwujud melalui penerapan inklusi sosial pada perpustakaan. Dalam hal ini, Perpustakaan Umum Kota Batu menyelenggarakan program Inklusi Sosial Perpustakaan Kota Batu untuk memfasilitasi pemberdayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pemberdayaan masyarakat lokal melalui program Inklusi Sosial Perpustakaan Kota Batu serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta keabsahan datanya diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menyelenggarakan program tersebut, perpustakaan dapat memfasilitasi pemberdayaan masyarakat lokal dengan melalui proses pemberdayaan yang terdiri dari beberapa komponen, yakni penetapan tujuan, efikasi diri, pengetahuan, kompetensi, aksi, serta pengamatan hasil dan dampak, sehingga perpustakaan dapat meningkatkan peran dan fungsi perpustakaan sebagai wahana pembelajaran sepanjang hayat. Adapun faktor pendukungnya meliputi, sebagai pelaksanaan tugas dan fungsi perpustakaan, anggaran dana yang mencukupi, sarana dan prasarana yang memadai, program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, kemitraan dengan komunitas/organisasi/lembaga lainnya, serta antusias masyarakat untuk berpartisipasi. Sedangkan, faktor penghambatnya meliputi, kurangnya sumber daya manusia di perpustakaan, penyebaran informasi kepada masyarakat yang kurang merata, kurangnya monitoring (monitoring) dan evaluasi oleh perpustakaan, keberagaman kebutuhan masyarakat, serta kurangnya kemauan masyarakat untuk menerapkan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari.
English Abstract
Libraries must facilitate the community with various training and skills activities aimed at community empowerment to strengthen the role and function of libraries as a vehicle for lifelong learning. This realizable through the implementation of social inclusion in the library. In this case, Batu City Public Library organizes the Batu City Library Social Inclusion program to facilitate community empowerment. The aim of this research is to describe and analyze local community empowerment through the Batu City Library Social Inclusion program besides its supporting and inhibiting factors. This type of research is descriptive with a qualitative approach and data collection techniques through observation, interviews, and documentation. Data analysis uses data collection, data condensation, data display, conclusion drawing and the validity of the data tested by triangulation of sources and techniques. The results showed that by organizing the program, the library could facilitate the empowerment of local communities through an empowerment process consisting of several components, namely goal setting, self-efficacy, knowledge, competence, action, and observation of results and impacts so that the library can improve the role and function of the library as a vehicle for lifelong learning. The supporting factors include fulfilling the library's duties and functions, sufficient budget, adequate facilities and infrastructure, social inclusion-based library transformation programs, partnerships with other communities/organizations/institutions, and the enthusiasm of the community to participate. However, there are also inhibiting factors such as the lack of human resources in the library, uneven distribution of information to the community, lack of monitoring and evaluation by the library, diversity of community needs, and lack of community willingness to apply the skills learned in everyday life.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524030082 |
Uncontrolled Keywords: | Perpustakaan, Pemberdayaan Masyarakat, Inklusi Sosial Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 07:30 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 07:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217403 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Karina Cahyani Puspita Sari.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |