Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Publik di Kota Magelang Berbasis Web

Nabillah, - and Ir. Zikrie Pramudia Alfahrisi, ST,. MT (2023) Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Publik di Kota Magelang Berbasis Web. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Publik di Kota Magelang Berbasis Web merupakan suatu sistem informasi yang mempermudah masyarakat Kota Magelang dalam melaksanakan pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pelayanan publik di Kota Magelang memiliki kebutuhan untuk melakukan antrian online dan memberikan informasi terkait pelayanan publik yang tersedia. Karena antrian pelayanan publik di Kota Magelang masih dilakukan dengan cara manual yang menyebabkan kurang efisien. Penulis tertarik mengadakan penelitian guna membantu petugas pelayanan publik dan masyarakat dalam mengatasi masalah tersebut dengan cara membangun website pelayanan publik di Kota Magelang sebagai sarana informasi dan pelayanan antrian online. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Waterfall yang memiliki urutan proses Requirements Analysis, System Design, Implementation, Testing menggunakan Black Box Testing. Sistem informasi ini dibangun dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dengan bantuan framework Bootstrap dan Laravel serta dibantu database MySQL. Diharapkan dengan adanya website pelayanan publik ini, masyarakat Kota Magelang dapat dengan mudah melakukan antrian secara online dan memperoleh pelayanan yang dibutuhkan.

English Abstract

Web-Based Public Service Information System Design in Magelang City is an information system that makes it easier for the people of Magelang City to carry out public services to improve the quality of public services. Public services in Magelang City have a need to queue online and provide information regarding available public services. Because the queue for public services in Magelang City is still done manually which causes it to be less efficient. The author is interested in conducting research to help public and community service workers in overcoming this problem by building a public service website in Magelang City as a means of information and online queuing services. The development method used is the Waterfall method which has a process sequence of Requirements Analysis, System Design, Implementation, Testing using Black Box Testing. This information system was built using the PHP programming language with the help of the Bootstrap and Laravel frameworks and assisted by the MySQL database. It is hoped that with this public service website, the people of Magelang City can easily queue online and obtain the services they need.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170444
Uncontrolled Keywords: Information System, Public Service, Public Service Mall-Sistem Informasi, Pelayanan Publik, Mal Pelayanan Publik
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:24
Last Modified: 21 Mar 2024 01:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217362
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nabillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item