Implementasi Teknik Semantic Annotation Recognizing dalam Scraper Engine pada Website E-Publishing Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Firmansyah, Muhammad Haris and Faiza Alif Fakhrina, S.Kom,MT (2023) Implementasi Teknik Semantic Annotation Recognizing dalam Scraper Engine pada Website E-Publishing Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tuntutan penyampaian informasi yang cepat berbanding lurus dengan perkembangan teknologi saat ini. Informasi menjadi komoditas paling penting di era ini. Hal tersebut menjadikan analisis dan pemrosesan data menjadi suatu keilmuan yang relevan dan memiliki dampak yang signifikan. Analisis dan pemrosesan data dilakukan setelah mendapatkan data dari sumber tertentu dengan mengambil secara langsung ataupun melalui proses ekstraksi. Salah satu metode yang paling penting dan populer untuk mengekstraksi data dari internet adalah metode scraping. Kegiatan scraping biasanya dilakukan pada website untuk mendapatkan data secara otomatis yang kemudian dinamakan web scraping . Setelah dilakukan peleburan beberapa lembaga ke dalam B adan Riset dan Inovasi Nasional ( BRIN), terdapat suatu tantangan dalam mengintegrasikan karya-karya penelitian untuk dapat dilakukan perawatan/ maintenance. Jika tidak dilakukan maintenance, maka seiring berjalannya waktu sistem tersebut kurang terawat dan mengakibatkan tidak dapat diaksesnya penelitian yang ada dalam sistem. Pelaksanaan maintenance memerlukan data dan informasi terpusat untuk menampung karya-karya peneliti. Penggunaan web scraping akan memberikan dampak yang besar untuk mengumpulkan data-data penelitian agar mempermudah dalam proses maintenance -nya. Teknik semantic annotation recognizing juga akan mempercepat implementasi web scraping karena data XML yang terdapat dalam sistem OAI akan menjadi dasar model untuk scraping . Dalam tugas akhir ini dilakukan implementasi mengenai teknik semantic annotation recognizing yang terletak dalam fitur scraper pada website E-Publishing yang telah dibuat sebelumnya. Penerapan dan pembuatan fitur scraper dilakukan dengan menggunakan metode waterfall yang meliputi analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Tahap analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang perlu diterapkan pada sistem, tahap perancangan dilakukan guna memberikan gambaran dasar dan alur yang akan terjadi pada sistem, tahap implementasi dilakukan untuk menerapkan sistem yang telah dirancang, dan tahap pengujian dilakukan untuk memvalidasi sistem yang telah dibuat.

English Abstract

The demand for fast delivery of information is directly proportional to current technological developments. Information is the most important commodity in this era. This makes data analysis and processing a relevant science and has a significant impact. Data analysis and processing is carried out after obtaining data from certain sources by taking it directly or through an extraction process. One of the most important and popular methods for extracting data from the internet is the scraping method. Scraping activities are usually carried out on websites to get data automatically which is then called web scraping. After the smelting of several institutions into the National Research and Innovation Agency ( BRIN), there is a challenge in integrating research works so that maintenance can be carried out. If maintenance is not carried out, then over time the system is less maintained and results in inaccessibility of existing research in the system. Implementation of maintenance requires centralized data and information to accommodate the works of researchers. Using web scraping will have a big impact on collecting research data to make it easier to maintain. The semantic annotation recognizing technique will also speed up the implementation of web scraping because the XML data contained in the OAI system will be the basis for the model for scraping. In this final project, the implementation of the semantic annotation recognizing technique is carried out which is located in the scraper feature on the E-Publishing website that was created previously. The implementation and creation of the scraper feature is carried out using the waterfall method which includes needs analysis, design, implementation, and testing. The needs analysis stage is carried out to find out what requirements need to be applied to the system, the design stage is carried out to provide a basic description and flow that will occur in the system, the implementation stage is carried out to implement the system that has been designed, and the testing stage is carried out to validate the system that has been created.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170442
Uncontrolled Keywords: Scraping, Semantic Annotation Recognizing, E-Publishing-Scraping, Semantic Annotation Recognizing, E-Publishing
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:11
Last Modified: 21 Mar 2024 01:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217358
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Haris Firmansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item