Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Daging Sapi Di Kota Malang (Studi Kasus Di Kecamatan Klojen)

Muarof, Alven and Anie Eka Kusumastuti,, S.Pt., MP., M.Sc (2024) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Daging Sapi Di Kota Malang (Studi Kasus Di Kecamatan Klojen). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jumlah penduduk di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan konsumsi daging sapi di Indonesia juga terus meningkat setiap tahunnya. Dilihat dari meningkatnya permintaan bahan makanan yang berasal dari hewan sebagai sumber protein hewani khususnya daging memiliki peluang bisnis daging sapi yang sangat menjajikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dan untuk mengetahui preferensi konsumen dalam membeli daging sapi di Kecamatan Klojen, Kota Malang. Pemilihan lokasi dilakukan menggunakan purposive sampling di 3 pasar Kecamatan Klojen, Kota Malang. Penentuan sampel dilakukan secara accidental sampling atau penentuan sampel secara kebetulan dengan kriteria sedang membeli daging sapi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan jenis kelamin 53 responden yang membeli daging sapi berjenis kelamin laki-laki berada pada rentang usia 36-45 tahun sebanyak 42 responden, berpendidikan SMA/SLTA sederajat sebanyak 49 responden, memiliki pekerjaan lainnya (pedagang baksok/katering) sebanyak 34 responden, dan memiliki pendapatan perbulan Rp2.000.001-Rp5.000.000 sebanyak 28 responden. Pada hasil uji cochran q test menunjukan bahwa Qhitung<Qtabel yang menandakan konsumen memiliki preferensi yang sama terhadap pembelian daging sapi di 3 pasar Kecamtan Klojen Kota Malang. Preferensi konsumen daging sapi yang dipertimbangkan sampai yang kurang dipertimbangkan konsumen berturut-turut adalah produk, tempat, harga, dan promosi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian diatas adalah konsumen memiliki preferensi yang sama terhadap pembelian daging sapi Preferensi konsumen daging sapi yang dipertimbangkan sampai yang kurang dipertimbangkan konsumen berturut-turut adalah produk, tempat, harga, dan promosi. Sedangkan yang dapat disarankan dalam penelitian ini adalah produsen daging sapi diharapkan mampu meningkatkan promosi produk guna meningkatkan volume penjualan dan ketertarikan konsumen terhadap daging sapi.

English Abstract

As the population increases, the need for beef consumption in Indonesia also continues to increase every year, therefore beef traders must know what consumer preferences are in buying beef. Consumer preference is a condition that describes a person's liking or choice for one type of product compared to other types of products which is formed from consumer perceptions of a product. The marketing mix can be interpreted as the strategy used in marketing to improve the company's economy. The marketing mix usually refers to four elements including product, price, place and promotion which are usually called the 4P. This research was conducted using a quantitative descriptive approach which aims to determine consumer characteristics and consumer preferences in purchasing beef in Klojen District, Malang City. Location selection was carried out by purposive sampling in three markets in Klojen District, Malang City. The sample was determined by accidental sampling or coincidentally based on beef purchasing criteria. The number of samples used in this research was 100 respondents. The research results showed that based on gender, 53 respondents who bought beef were men with an age range of 36 - 45 years, 42 respondents had a high school education or equivalent, 49 respondents had other jobs (meatball seller/catering) as many as 34 respondents, and had income monthly amounting to Rp. 2,000,001 – IDR 5,000,000 as many as 28 respondents. The results of the Cochran Q test show Qcount < Qtable which shows that consumers have the same preferences in purchasing beef in 3 markets in Klojen District, Malang City. The beef consumer preferences that consumers pay the most attention to and least pay attention to are product, place, price and promotion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524050130
Uncontrolled Keywords: Cochran, Consumer Characteristics, Consumer Preferences, Marketing Mix
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 22 Mar 2024 05:28
Last Modified: 22 Mar 2024 05:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217331
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ALVEN MUAROF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item