Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merck Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk BASE (Studi Pada Followers Instagram BASE)

Rosarianne, Gabriella Aubrey and Supriono, S.Sos., M.AB (2024) Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merck Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk BASE (Studi Pada Followers Instagram BASE). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di dunia bisnis saat ini, green marketing menjadi semakin penting, terutama ketika menyangkut barang-barang yang ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana persepsi merek dipengaruhi oleh green marketing dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli barang ramah lingkungan. Fokus utama studi ini adalah bagaimana pclanggan mclihat upaya perusahaan dalam menerapkan praktik berkelanjutan dan bagaimana hal ini memengaruhi opini mereka terhadap merek dan pilihan mereka untuk membeli. Produk BASE digunakan sebagai objek penelitian dilihat berdasarkan strategi perusahaan yang telah menerapkan green marketing dalam keberlangsungan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh green marketing terhaclap citra merek produk BASE, (2) Mengetahui pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian produk BASE, (3) Mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk BASE, dan (4) Mengetahui pengaruh green nnrketing terhadap keputusan pembelian melalui citra merek BASE. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori. Pendekatan yang digunakan adalah pendckatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 116 orang yang merupakan followers Instagram BASE yang melakukan pembelian produk BASE dan berusia diatas 17 tahun. Uji rcliabilitas digunakan dalam penclitian ini dengan mcnggunakan Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan aplikasi pengolahan data statistical product and servioe solution (SPSS). Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa (1) variabel green marketing memiliki pengaruh secara langsung dan signifikan terhadap citra merek, (2) variabcl green marketing berpengaruh positif dan signifikan tcrhadap kcputusan pembelian, (3) variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan (4) variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi green marketing terhadap keputusan pembelian

English Abstract

In today's business world, green marketing is becoming increasingly important, especially when it comes to environmentally friendly goods. The aim of this research is to see how brand perception is influenced by green marketing and how this influences consumers‘ decisions to buy environmentally friendly goods. The main focus of the study is how customers perceive companies‘ efforts to implement sustainable practices and how this influences their opinion of the brand and their choice to purchase. BASE products are used as research objects based on company strategies that have implemented green marketing in the continuity of their business. This research aims to: (1) detennine the influence of green marketing on the brand image of BASE products, (2) determine the influence of green marketing on purchasing decisions for BASE products, (3) determine the influence of brand image on purchasing decisions for BASE products, and (4) determine the influence green marketing on purchasing decisions through the BASE brand image. The type of research used is explanatory research. The approach used is a quantitative approach. The sample used in this research was 116 people who were BASE Instagram followers who purchased BASE products and were over l7 years old. The reliability test used in this research was Cronbach‘s Alpha. Hypothesis testing in this research uses descriptive analysis and path analysis using statistical product and service solution (SPSS) data processing applications. The results of this research prove that (1) the green marketing variable has a direct and significant influence on brand image, (2) the green marketing variable has a positive and significant influence on purchasing decisions, (3) the brand image variable has a positive and significant influence on purchasing decisions, and (4) the brand image variable has a positive and significant effect in mediating green marketing on purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030076
Uncontrolled Keywords: green marketing, citra merek, keputusan penbelian
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:38
Last Modified: 22 Mar 2024 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217307
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
GABRIELLA AUBREY ROSARIANNE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item