Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data dan Dokumen Berbasis Web Pada Waste4change

Faza, Faris Nur and Ir. Zikrie Pramudia Alfarhisi, ST., MT., (2023) Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data dan Dokumen Berbasis Web Pada Waste4change. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

kecepatan dalam mendapatkan informasi menjadi salah satu hal penting dalam proses keberlangsungan pekerjaan saat ini. Dengan adanya pengolahan suatu data dan dokumen yang teroganisir dengan baik , tentu ini dapat membantu dalam menghasilkan sebuah informasi yang dibutuhkan secara cepat dan tepat. Hal ini yang dibutuhkan juga pada Waste4Change pada divisi homepage yang pada saat ini masih menyimpan data dan dokumen pekerjaan masih dalam penyimpanan internal masing-masing.Dimana sering terjadi proses pencariannya membutuhkan waktu yang lama atau bahkan sering terjadi kehilangan data maupun dokumen. Proses pencatatan yang masih sering berpindah-pindah dari beberapa aplikasi juga membuat sering terjadinya kesahalan input data. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk merancang sistem informasi pengolahan data dan dokumen yang dapat mengelola manajemen data dan dokumen dengan terstruktur dalam satu sistem saja dan bisa juga mencakup pencatatan pelaporan yang terotomatis dalam sebuah aplikasi. Perancang ini penguji menggunakan metode waterfall serta pengujiannya menggunakan metode black box testing. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa sistem informasi pengolahan data dan dokumen berbasis web bisa membantu dalam pengolahan data dan dokumen yang akan tersistem dalam satu sistem saja, sehingga proses pencarian akan semakin cepat serta data dan dokumen tersimpan dengan aman dan baik dalam penyimpanan database. Bisa juga melakukan pencatatan laporan secara otomatis.

English Abstract

speed in obtaining information is one of the important things in the current work continuity process. With the processing of data and documents that are well organized, of course this can help in producing the required information quickly and precisely. This is what Waste4Change also needs in the homepage division which currently still stores work data and documents in their respective internal storage. Where it often happens that the search process takes a long time or even data and documents are often lost. The process of recording that is still frequently moved from several applications also causes frequent data input errors. The purpose of this research is to design a data and document processing information system that can manage structured data and document management in one system and can also include automated reporting records in an application. This designer uses the waterfall method and tests using the black box testing method. The results of this study found that a web-based document and data processing information system can assist in processing data and documents that will be systemized in just one system, so that the search process will be faster and data and documents are stored safely and properly in database storage. It can also record reports automatically.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170421
Uncontrolled Keywords: Manajemen Arsip, Website, Data, Dokumen-Records Management, Website, Data, Documents
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:24
Last Modified: 20 Mar 2024 01:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217279
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Faris Nur Faza.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item