Analisis Penerapan Layanan Informasi Melalui Jamsostek Mobile (JMO) Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang

Fitrianty, Fadhilah Nur and Dr. Drs. Dwiatmanto, M.Si (2023) Analisis Penerapan Layanan Informasi Melalui Jamsostek Mobile (JMO) Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan secara online melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif yang menerapkan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis penerapan layanan online melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang dapat dikatakan optimal dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Seluruh pegawai BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang khususnya bagian pelayanan, sudah melaksanakan tugasnya dengan baik, namun banyaknya pengunjung dan kendala pada sistem membuat pelayanan menjadi terhambat. Ada layanan yang memang tidak bisa dilakukan melalui aplikasi JMO, namun kurangnya informasi peserta mengenai layanan yang tersedia pada aplikasi JMO masih membuat peserta melakukan layanan secara offline. Pengunjung juga masih ada yang tidak membawa dokumen dengan lengkap, padahal persyaratannya sudah tercantum di aplikasi JMO maupun website BPJS Ketenagakerjaan. Kendala layanan informasi online pada aplikasi JMO dapat disebabkan oleh faktor internal dan eksternal.

English Abstract

This study aims to determine the implementation of online services through the Social Security Mobile (JMO) application at BPJS of Employment Malang. This type of research is descriptive research that applies a qualitative approach. Data collection techniques used are observation and interviews. Based on the results of an analysis of the implementation of online services through the Jamsostek Mobile (JMO) application at the BPJS of Employment Malang, it can be said to be optimal and in accordance with the applicable Standard Operating Procedures (SOP). All employees of the BPJS of Employment Malang, especially the service department, have carried out their duties properly, but the large number of visitors and problems with the system have hampered service. There are services that cannot be done through the JMO application, but the lack of participant information regarding the services available on the JMO application still makes participants performs services offline. There are also visitors who do not bring complete documents, even though the requirements have been listed on the JMO application and the BPJS Ketenagakerjaan website. Constraints to online information services in the JMO application can be caused by internal and external factors.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170418
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Informasi, Jaminan Sosial, Jamsostek Mobile (JMO)-Service, Information, Social Security, Jamsostek Mobile (JMO)
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:12
Last Modified: 20 Mar 2024 01:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217275
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fadhilah Nur Fitrianty.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item