Azizah, Dysa Putri and Dr. Ainul Hayat, S.Pd, M.Si, and Endry Putra, S.I.Kom, M.I.Kom. (2024) Persepsi Pemustaka Difabel terhadap Layanan Sirkulasi Perpustakaan (Studi pada Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Universitas Brawijaya merupakan universitas inklusi di Indonesia yang mendapat peringkat keempat dunia sebagai kampus yang ramah difabel menurut ‘Unesa-Dimetric’. Universitas Brawijaya memiliki perpustakaan pusat yang merupakan salah program cakupan universitas. Perpustakaan perguruan tinggi adalah lembaga yang berperan besar sebagai pusat informasi dan sumber ilmu yang wajib memberikan pelayanan informasi kepada pemustaka tanpa terkecuali para difabel. Layanan sirkulasi merupakan salah satu layanan yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka difabel karena layanan tersebut meliputi peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis layanan sirkulasi serta persepsi pemustaka difabel terhadap layanan sirkulasi pada Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu layanan sirkulasi perpustakaan di Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya sudah sepenuhnya dilaksanakan terbukti dengan adanya peminjaman koleksi, kebijakan peminjaman, layanan perpanjangan, dan pengembalian koleksi. Namun, mengenai persepsi pemustaka difabel terhadap layanan sirkulasi perpustakaan di Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya dalam beberapa aspek yaitu kepedulian, ketanggapan, jaminan, dan kehandalan bahwa difabel netra mendapatkan kesesuaian antara pengalaman dan harapannya, sedangkan difabel tuli dan difabel daksa masih merasa kurang sesuai antara pengalaman dan harapannya sehingga masih perlunya peningkatan layanan perpustakaan untuk mencapai arti inklusivitas.
English Abstract
Universitas Brawijaya is an inclusive university in Indonesia that is ranked fourth in the world as a disabled-friendly campus according to 'Unesa-Dimetric'. Universitas Brawijaya has a central library which is one of the university's coverage programs. The university library is an institution that plays a major role as a center of information and a source of knowledge that is obliged to provide information services to library users without exception for people with disabilities. Circulation service is one of the services that can be utilized by disabled users because the service includes borrowing and returning library collections. The purposes of this research is to describe and analyze circulation services and the perception of disabled users towards circulation services at the Central Library of Universitas Brawijaya. The type of research used is descriptive research with a qualitative research approach, with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The results of this research are library circulation services at the Central Library of Universitas Brawijaya have been fully implemented as evidenced by the existence of collection borrowing, borrowing policies, extension services, and collection returns. However, regarding the perception of users with disabilities towards library circulation services at the Central Library of Universitas Brawijaya in several aspects, namely care, responsiveness, assurance, and reliability that the blind get a match between their experiences and expectations, while the deaf and the disabled still feel less appropriate between their experiences and expectations so that there is still a need to improve library services to achieve the meaning of inclusiveness.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524030069 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Difabel, Layanan Sirkulasi, Perpustakaan, Universitas Brawijaya. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 07:49 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 07:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217256 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dysa Putri Azizah.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |