Pengaruh Kondisi Lingkungan dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja yang dimediasi oleh Inovasi Pasca Pandemi Covid 19 (Studi pada Bisnis Kedai Kopi di Malang Raya)

Fachrozie, Septiawan Vergian and Dr. Rofiaty,, SE., MM. and Dr. Achmad Helmy Djawahir,, SE., MM. (2024) Pengaruh Kondisi Lingkungan dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja yang dimediasi oleh Inovasi Pasca Pandemi Covid 19 (Studi pada Bisnis Kedai Kopi di Malang Raya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Orientasi Kewirausahaan dalam meningkatkan Kinerja Unit Bisnis pada Unit Bisnis Kedai Kopi di Malang Raya. Adapun pada penelitian ini juga menambahkan 1 variabel mediasi, yaitu Inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kondisi lingkungan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja unit bisnis baik secara langsung ataupun tidak langsung melalui mediasi Inovasi. Kriteria sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah pemilik maupun investor kedai kopi yang memiliki peran krusial dalam mengambil keputusan strategis pada kedai kopinya, Kedai Kopi yang sudah berjalan minimal 3 tahun, serta memiliki minimal 5 kariawan di kedai kopi mereka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling, yaitu terdapat kemungkinan-kemungkinan maupun kesempatan yang sama secara keseluruhan karena jumlah populasi dari penelitian ini sudah di ketahui. Sedangkan jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Proporsional Random Sampling yaitu dari sampel yang di ketahui berdasarkan kriteria dan data yang telah di peroleh, sehingga peneliti dapat memperoleh informasi jumlah data yang akurat. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 224 responden. Data yang telah diperoleh tersebut dianalisis menggunakan PLS (Partial Least Square) dengan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kondisi Lingkungan dan Orientasi Kewirausahaan memberikan pengaruh secara langsung terhadap Kinerja Unit bisnis. Meskipun demikian, Inovasi juga mampu memediasi sebagian (Partial mediation) pada pengaruh Kondisi Lingkungan dan Orientasi Kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui Kondisi Lingkungan dan Orientasi Kewirausahaan dapat memicu meningkatnya kinerja unit bisnis secara langsung, maupun tidak langsung melewati inovasi, sehingga kinerja unit bisnis pada Kedai Kopi tetap dapat dioptimalkan.

English Abstract

This study focuses on the role of environmental conditions and entrepreneurial orientation in improving the performance of business organizations, in this case coffee shops in Greater Malang. This study aims to determine and analyze the direct and indirect effects of the variables above on the optimum performance of coffee shops in the said area, in which innovation was added as the mediating variable. The size of the population has been identified. Using probability sampling method and cluster proportional random sampling technique, 224 coffee shop owners and investors who have crucial roles in strategic decision making for their shops, which should have been running for at least three years and employing at least five people, were selected as the respondents. The data was analyzed using PLS (Partial Least Squares) in SmartPLS 3.0. This study finds that environmental conditions and entrepreneurial orientation have a direct influence on the business performance and that innovation partially mediates the effects of environmental conditions and entrepreneurial orientation on the performance. Therefore, based on the results above, environmental conditions and entrepreneurial orientation can trigger improvements in business performance both directly and indirectly through innovation.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042202
Uncontrolled Keywords: Kondisi Lingkungan, Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Unit Bisnis, Inovasi, Kedai Kopi, Pasca Covid 19
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:06
Last Modified: 19 Mar 2024 04:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217245
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
vergian septiawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item