Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Pada Pt Exisco Karyapatra

Akhdan, Rafii Hanif and Radityo Putro Handrito, S.E., M.M., Ph.D. (2023) Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Pada Pt Exisco Karyapatra. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis pada PT Exisco Karyapatra agar perusahaan dapat berkembang ke posisi strategis yang lebih baik lagi dan mampu untuk memenangkan persaingan pasar sektor konstruksi di Indonesia, berdasarkan analisis kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan serta isu-isu strategis yang secara umum menjadi pertimbangan dalam perumusan strategi pengembangan bisnis. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan sebagai alat untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis adalah analisis matriks IFE dan matriks EFE untuk menganalisis kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan, matriks SWOT dan matriks IE untuk menghasilkan alternatif-alternatif strategi potensial yang dapat diterapkan perusahaan, serta matriks QSPM sebagai alat analisis untuk memutuskan stratergi bisnis yang akan direkomendasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang direkomendasikan dan dinilai paling tepat untuk diimplementasikan pada PT Exisco Karyapatra sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan saat ini adalah strategi penetrasi pasar yang mengupayakan peningkatan pangsa pasar dengan meningkatkan jumlah tenaga pemasar, serta meningkatkan promosi dan upaya publisitas untuk meningkatkan brand awareness dan reputasi perusahaan.

English Abstract

This research aims to formulate a business development strategy at PT Exisco Karyapatra so that the company can develop into a better strategic position and be able to win the construction sector market competition in Indonesia, based on an analysis of the company's internal and external environmental conditions and strategic issues that are generally taken into consideration in the formulation of business development strategies. The type of research used is descriptive qualitative, with data collection techniques through interviews, observation, and documentation. While the data analysis techniques used as a tool to formulate business development strategies are IFE matrix and EFE matrix analysis to analyze the internal and external environmental conditions of the company, SWOT matrix and IE matrix to produce potential strategy alternatives that can be applied by the company, and QSPM matrix as an analytical tool to decide which business strategy to recommend. The results of this research show that the strategy recommended and considered most appropriate to be implemented at PT Exisco Karyapatra in accordance with the current internal and external environmental conditions of the company is a market penetration strategy that seeks to increase market share by increasing the number of marketers, as well as increasing promotion and publicity efforts to increase brand awareness and company reputation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020833
Uncontrolled Keywords: Formulasi strategi, Pengembangan bisnis, Konstruksi, SWOT, QSPM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:48
Last Modified: 18 Mar 2024 04:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217196
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rafii Hanif Akhdan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item