Pradipta, Adelia Atma and Salnan Ratih Asriningtias, ST., MT (2023) Rancang Bangun e-Menu pada Café Londénesia Berbasis Progressive Web App. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Café Londénesia merupakan café yang mengutamakan service dengan beberapa upaya seperti ramah menyambut pelanggan, memudahkan pelanggan dalam memesan suatu menu dengan cara memberikan rekomendasi menu baik best seller maupun new arrival menu, menyebutkan ulang pesanan yang telah dipesan dan menyajikan makanan yang telah siap untuk disajikan. Adanya perubahan pada menu yang tidak secara langsung dirubah di papan menu menjadikan suatu kelemahan Café Londénesia dalam hal pelayanan, sehingga dibutuhkan pencetakan menu lagi. Hal tersebut pasti membutuhkan pengeluaran lebih banyak lagi apabila pihak café mencetak banner/plakat meskipun harga yang diganti masih di beberapa menu saja, dan lagi-lagi hal seperti ini bisa saja membuat miskomunikasi antara pelanggan dengan pihak café. Yang seharusnya pelanggan percaya dengan membaca harga yang ditampilkan, namun dengan pelayanan yang kurang maksimal seperti ini tadi (dari sisi menu yang tidak bisa segera up-to-date) maka bisa saja hal tersebut mengecewakan pelanggan. Dari beberapa penelitian, melihat dari masalah yang ada, maka salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan electronic menu berbasis web mobile yang diharapkan dapat meningkatkan efektfitas pada proses bisnis yang dijalankan dan dapat diakses di mana saja oleh pelanggan. Maka dari itu, penulis menulis tugas akhir dengan judul, “Rancang Bangun e-Menu pada Café Londénesia Berbasis Progressive Web App” yang dirancang dengan metode waterfall dan dibangun dengan menggunakan PHP dan database MySQL, serta diuji dengan metode blackbox testing.
English Abstract
Café Londénesia is a café that prioritizes service with several efforts such as welcoming customers, making it easier for customers to order a menu by providing menu recommendations both best sellers and new arrival menus, re-mentioning orders that have been ordered and serving food that is ready to be served. Changes to the menu that are not directly changed on the menu board make Café Londénesia a weakness in terms of service, so it requires printing the menu again. It definitely requires more expenses if the café prints a banner / placard even though the price changed is still on some menus only, and again things like this can create miscommunication between customers and the café. Customers should believe by reading the price displayed, but with less than optimal service like this (in terms of menus that cannot be up-to-date immediately) then it could disappoint customers. From several studies, seeing from the existing problems, one of the solutions that can be used is a mobile web-based electronic menu which is expected to increase the effectiveness of the business process being carried out and can be accessed anywhere by customers. Therefore, the author wrote the final project with the title, "Designing e-Menu at Café Londénesia Based on Progressive Web App" which was designed with the waterfall method and built using PHP and MySQL database, and tested with the blackbox testing method.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0523170396 |
Uncontrolled Keywords: | menu, menu elektronik, cafe, transformasi digital-menu, electronic menu, cafe, digital tranformation |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 01:48 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 01:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217179 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adelia Atma Pradipta.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |