Diva, Annisa and Hanifa Maulani Ramadhan, SAB., MAB (2023) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Informasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Survei pada Mahasiswa di Kota Malang yang membeli produk melalui aplikasi Shopee). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas informasi dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian; 2) Menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas informasi dan promosi secara parsial terhadap keputusan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Kota Malang yang membeli produk melalui aplikasi Shopee. Sampel pada penelitian ini sebanyak 116 responden melalui pengumpulan data dengan kuesioner online. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya: 1) Variabel Kualitas Produk, Kualitas informasi dan Promosi secara bersama-sama berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian, 2) Variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, 3) Variabel Kualitas Informasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, 4) Variabel Promosi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya Shopee dapat mempertahankan kualitas produk yang baik dan membuat suatu bentuk promosi yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan selera konsumen yang selalu berubah-ubah dikarenakan promosi dapat mempengaruhi sikap konsumen dalam menentukan keputusan pembelian.
English Abstract
This study aims to: 1) examine and analyze the effect of Product Quality, Information Quality and Promotion simultaneously on Purchasing Decisions, 2) examine and analyze the effect of Product Quality, Information Quality and Promotion partially on Purchasing Decisions. This research used explanatory research with quantitative approach. The population in this research is the students in Malang City who buy products through the Shopee application. The sample in this study was 116 Respondents through data collection with online questionnaires. The sampling technique used purposive sampling technique. Data analysis used descriptive analysis and multiple linear regression analysis using SPSS version 25 software. The result of this study indicate that: 1) Product Quality, Information Quality and Promotion simultaneously on Purchasing Decisions, 2) Product Quality has a positive and partially significant effect on Purchasing Decisions, 3) Information Quality has a negative and not significant effect partially on Purchasing Decisions, 4) Promotion has a positive and partially significant effect on Purchasing Decisions. Based on the research results, Shopee should be able to maintain good product quality and create a form of promotion that is more effective and efficient in accordance with changing consumer tastes because promotions can influence consumer attitudes in determining purchasing decisions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030918 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Produk, Kualitas Informasi, Promosi, Keputusan Pembelian |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 06:24 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 06:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217177 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annisa Diva.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |