Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Untuk Mengadopsi Software Akuntansi Pada Umkm Di Kota Malang

Hidayatullah, Muhammad Taufiq and Nurlita Novianti,, SE., MSA., Ak (2024) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Untuk Mengadopsi Software Akuntansi Pada Umkm Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat mengadopsi Software akuntansi pada pelaku UMKM di Kota Malang dengan mengintegrasikan model Technology Acceptance Model (TAM) dan Innovation of Diffusion Theory (IDT). Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 112 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sektor F&B yang telah mengadopsi dan menggunakan Software akuntansi dalam kegiatan operasionalnya. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan bantuan Software SmartPLS 4.0 untuk melakukan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keunggulan relatif berpengaruh terhadap variabel persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan. Sedangkan variabel inovasi pribadi berpengaruh terhadap persepsi kemudahan dan tidak memiliki pengaruh terhadap persepsi kegunaan. Sebaliknya, variabel pengamatan berpengaruh terhadap persepsi kegunaan dan tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan. Selain itu, persepsi kemudahan berpengaruh terhadap niat mengadopsi Software akuntansi sedangkan persepsi kegunaan tidak berpengaruh. Selanjutnya, hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kompatibilitas dan kompleksitas tidak berpengaruh terhadap variabel persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan. Temuan ini relevan bagi pemerintah dan pengembang Software akuntansi terutama untuk memahami dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat mengadopsi Software akuntansi.

English Abstract

This research examines the factors influencing the intention to adopt accounting Software among MSMEs in Malang City by integrating the Technology Acceptance Model (TAM) and Innovation of Diffusion Theory (IDT). The sample in this study was 112 Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in the F&B sector who have adopted and used accounting Software in their operational activities. Researchers used quantitative methods and SmartPLS 4.0 Software to test hypotheses. The research results show that the relative advantage variable influences the variables of perceived usefulness and perceived convenience. Meanwhile, the personal innovation variable influences the perception of convenience and does not influence the perception of usefulness. On the other hand, observation variables affect perceived usefulness and do not affect perceived convenience. In addition, perceived ease of use influences the intention to adopt accounting Software, while perceived usefulness has no influence. Furthermore, the analysis results show that the variables' compatibility and complexity do not affect the variables' perceived usefulness and perceived convenience. These findings are relevant for governments and accounting Software developers, especially for understanding and identifying factors influencing the intention to adopt accounting Software.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524020021
Uncontrolled Keywords: Software akuntansi, Technology Acceptance Model (TAM), Innovation of Diffusion Theory (IDT), niat mengadopsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:38
Last Modified: 18 Mar 2024 06:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217160
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Taufiq Hidayatullah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item